1300 Pesepeda  Siap Taklukkan  Rute Antangin Tour De Ambarrukmo  2024

Teras Malioboro News  –     Sebanyak 1300 pesepeda nasional dipastikan akan meramaikan  kompetisi Antangin Tour De Ambarrukmo (ATDA )  2024 yang berlangsung pada Sabtu (27/7/2024) bulan depan. Mereka terdiri dari  para atlet serta  masyarakat pecinta olah raga sepeda yang bertekad menaklukan rute sejauh 143 km yang ditetapkan oleh Panitia.

GM Plaza Ambarrukmo Surya Ananta menjelaskan,  kompetisi ATDA 2024 ini  menyajikan rute yang sangat menantang. Para pesepeda akan menyusuri jalur-jalur wisata  melewati pegunungan Menoreh Kulon Progo, Gunung Merapi , Candi Prambanan  dan berakhir di Pesanggrahan Ambarrukmo.

“ Jadi kompetisi ini bukan sekadar olah raga tetapi juga penjelajahan sejumlah objek wisata. “ ujar  Ananta  kepada sejumlah awak media dalam Press Conference ATDA 2024 di  Pendhapa Ambarrukmo , Sabtu (15/6/2024 ) .

GM Plaza Ambarrukmo Surya Ananta

Baca Juga : Nusantara TV Volcano Run by Ambarrukmo 2024, Menantang Fisik Para Peserta

Ananta menegaskan, kompetisi ATDA 2024 ini merupakan ajang wisata olah raga yang rutin diselenggarakan setiap tahun sebagai  upaya meningkatkan sektor perekonomian dan pariwisata di Yogyakarta dengan menyelenggarakan event Antangin Tour de Ambarrukmo 2024.

“ Berdasarkan pengalaman tahun lalu,  Event ini akan menambah length of stay menjadi 2-3 hari di Yogyakarta. Selain itu  , event ini juga sekaligus sebagai ajang promosi kuliner khas Jogja  yang dapat dinikmati cyclist di area checkpoint & finish seperti Gudeg Jogja, Sate Klatak, Tengkleng, Sop Empal, Jadah Tempe, Bakpia, EsDawet, Es Beras Kencur dan Es Kunir Asem yang menjadi salah satu paket lengkap kuliner di Yogyakarta.”  ujar Ananta.

Sementara itu, Indra Gunawan Wicaksono selaku Race Director menjelaskan , ATDA 2024  terbagi menjadi beberapa kategori rute yaitu :  Regular route, Race route. Selain itu seperti tahun sebelumnya ada kategori King Of Mountain ( KOM ) dan Queen Of Mountain (QOM )  yang akan  memperebutkan hadiah yang sangat menarik.

Kemudian,  demi menjaga kenyamanan para peserta  ATDA 2024, panitia memberikan perlindungan asuransi kepada semua peserta. Selain itu, sejumlah tenaga medis juga  dilibatkan sepanjang rute.

Untuk kategori Reguler Route,  ditetapkan jarak  rute sejauh 125 km. Rute ini diperuntukkan  bagi peserta yang tidak menginginkan rute menanjak / gradient tinggi, dengan rata-rata waktu tempuh dari start menuju finish 5-7 jam perjalanan dan race route 145 KM. Kemudian untuk peserta King of Mountain & Queen of Mountain yang mencapai evelation gain 1500 meterdi jalur Race Goa Kiskendo KulonProgo sepanjang 7,5 KM.  “ ujar  Indra.

Indra meyakinkan bahwa  ATDA 2024 akan memberikan pengalaman yang luar biasa  kepada para peserta.  Sebab, sepanjang rute yang dilalui, peserta akan dihibur oleh pentas seni tradisi serta pameran produk UMKM dari masyarakat setempat. Nantinya lokasi pameran ini akan ditempatkan disetiap pos-pos persinggahan sehingga  selain menikmati pemandangan alam yang indah juga dapat menikmati makanan khas disetiap daerah yang dilalui.

Baca Juga : Ambarrukmo Group  Obral  Hadiah Bagi Member My Ambarrukmo

Mengingat peserta  kompetisi ini sangat beragam,  tahun ini panitia menetapkan jadwal yang sangat ketat. Misalnya , jadwal pengambilan Race pack collection  diselenggarakan di main atrium Plaza Ambarrukmo, tanggal 24-26 Juli 2024 mulaipukul 10.00 – 22.00 WIB. Sembari melakukan pengambilan racepack , panitia menyediakan  fasilitas freebike setting , sehingga  nantinya peserta dapat melakukan perjalanan secara nyaman.

Yang special, pada  moment After Race Celebration, akan dimeriahkan dengan  Cheerleaders Competition, Sempoaship Competition, Kids Spesial Performance dan  Guest Star  Performance “Rio Febrian“. Acara ini digelar pada malam hari mulai pukul 19.30 – 20.30 WIB di Atrium Plaza Ambarrukmo . (*/Sulist Ds )

Komentar