248 Siswa SMPN 3 Purbalingga Dinyatakan Lulus

Perpisahan Siswa Berlangsung Meriah

Headline2, Pendidikan116 Dilihat

Teras Malioboro News , Purbalingga — Acara perpisahan dan pelepasan siswa Kelas IX  SMP Negeri 3 Purbalingga lulusan tahun pelajaran 2023/2024, Rabu (12/6/2024) berlangsung meriah. Kegiatan yang digelar di lapangan upacara sekolah setempat itu, diinisiasi orang tua/wali siswa Kelas IX, dan kepanitiaan melibatkan sepenuhnya orang tua/wali siswa Kelas IX.

Sebanyak 248 siswa Kelas IX yang dinyatakan lulus 100 persen, senang mengikuti acara tersebut sejak jam 07.30 WIB hingga berakhir pukul 14.30 WIB.  Ikut hadir dalam acara itu, Kapolsek Purbalingga, Danramil Purbalingga, Camat Purbalingga , Lurah Purbalingga Lor, Ketua Komite SMPN 3 Purbalingga KH Roghib Abdurrahman yang juga Ketua MUI Purbalingga beserta anggotanya, sejumlah tamu undangan, orang tua siswa/wali kelas IX, dan Kepala SMPN 3 Purbalingga Subarno S.Pd beserta jajaran dewan guru dan karyawan.

Acara tersebut berlangsung meriah  dengan adanya  berbagai hiburan dari para siswa kelas IX maupun kelas VII dan VIII. Diantaranya penampilan grup Ensambel Musik yang menjadi juara 2 pada FLS2N tingkat Kabupaten Purbalingga tahun 2024, tari saman, nyanyi tunggal oleh Angelina Amoreta (juara 1 lomba nyanyi tunggal FLS2N Kabupaten Purbalingga tahun 2024), drama, penampilan Blue Band, Band Wingking Band, paduan suara dan aneka tari serta aransemen musik dari siswa Kelas IX.

Peraih 10 besar nilai akhir Kelas IX SMPN 3 Purbalingga,  melakukan Foto Bersama . ( Foto : Prasetiyo ) 

Baca Juga : PPDB Online SD – SMP Di Purbalingga Gratis, Dibiayai APBD.

Ketua panitia penyelenggara Subagyo S.Pd.I, M.Pd mengemukakan, acara ini murni diinisiasi sepenuhnya oleh orang tua/wali siswa kelas IX. Dan pembiayaan dilakukan secara bergotong royong dari para orang tua/wali siswa.

“Secara transparan dapat kami laporkan, dana yang masuk Rp 32.945.000, dana yang terpakai hingga acara ini diselenggarakan Rp 32.910.000,- atau sisa tinggal Rp 35. ribu. Semua pemasukan dan pengeluaran kami bukukan secara rapi dan lengkap,” ujar Subagyo dalam sambutannya.

Subagyo megucapkan terima kasih kepada seluruh orang tua/wali siswa Kelas IX, dan kepala SMPN 3 Purbalingga berikut jajaran dewan guru dan karyawan, sehingga acara ini berjalan lancar, sukses dan penuh kesan.

Sementara itu,  Kepala SMPN 3 Purbalingga Subarno berpesan kepada para siswa yang baru saja lulus, untuk dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, SMA/SMK/MA. “Acara perpisahan dan pelepasan ini adalah titik awal untuk memasuki tahap berikut. Kami doakan, semoga lulusan SMPN 3 Purbalingga ini, sukses meraih impian sekolah idaman,” ujar Subarno.

Ungkapan senada juga diungkapkan Ketua Komite SMPN 3 Purbalingga KH Roghib Abdurrahman. “Saya juga ikut mendoakan, semoga kalian semua jadi orang sukses. Saya berharap, beberapa tahun lalu ada alumni yang datang ke sekolah dengan dikawal Paspampres. Itu sangat mungkin terjadi, jika kalian selalu belajar dan bekerja keras, dan tak lupa berdoa. “

Para Lulusan SMPN 3 Purbalingga., resmi dilepas oleh pihak sekolah dan dikembalikan ke orang tua masing-masing. ( Foto2 : Prasetiyo )

Baca Juga : SMPN 3 Purbalingga Sabet 24 Medali pada POPDA Tingkat Kabupaten

10 Besar

Dalam kesempatan itu,  Kepala SMPN 3 Purbalingga menyerahkan penghargaan kepada 10 besar peraih nilai akhir kelas IX tahun pelajaran 2023/2024. Mereka terdiri

Falih Putri Elsi Perdana dengan jumlah nilai total 1.037,45 sebagai peringat 1. Selanjutnya peringkat 2Muhammad Ahura Mazda (1.027,80), peringkat ketiga Naufal Ahnaf Syaputra      (1.019,35), peringkat keempat Tiur Wanda Kauraku (1.017,60), peringkat kelima, Adventya Angellica Epifata (1.015,77), peringkat keenam Griselda Alferonika Titarsole (1.014,75), peringkat ketujuh Agnia Alta Funisa (1.012,75), peringkat kedelapan Daffa Umar Al Dzaki (1.012,20), peringkat kesembilan Zahra Riska Latifah (1.008,50), dan peringkat kesepuluh Devlani Athifa Wicaksono   (1.008,45). Semua siswa peraih peringkat pertama smapai sepuluh itu dari Kelas IX A.

Salah seorang siswi, Adventya Angellica Epifata mengatakan senang mengikuti acara perpisahan dan pelepasan siswa kelas IX. “Mewakili teman-teman  kelas IX, kami mengucapkan terima kasih kepada bapak ibu guru dan karyawan SMPN 3 Purbalingga yang telah mendidik kami selama tiga tahun. Mohon maaf jika selama ini kami berbuat kurang berkenan,” ujar Fafa, panggilan Adventya Angellica Epifata.

Mengenai acara perpisahan ini, Fafa merasa senang, karena rangkaian acaranya menarik. “Sungguh saya sangat terkesan. Rangkaian acaranya menarik, dan panitia yang merupakan gabungan dari bapak dan ibu orang tua/ wali siswa, sangat kompak dan menarik dalam mengemas acara ini,”   ujar Fafa. (*/pras)

Komentar