3000 Pelari Semarakkan  International Yogyakarta Marathon

Teras Malioboro News —   Ajang Sport Tourism di Yogyakarta  semakin marak.  Turut serta memeriahkan HUT ke-267 Kota Yogya  pada 8 Oktober 2023  ini digelar ajang lari The International Yogyakarta  Marathon 42 K (TIYK42K) di Alun-Alun Sewandanan Pakualaman Yogyakarta.  Ditargetkan sebanyak 3000 pelari dari dalam dan luar negeri turut serta dalam ajang lari ini.

Penjabat Wali Kota Yogya, Singgih Raharjo sangat mengapresiasi dan menyambut baik gelaran tersebut. Menurutnya gelaran tersebut dapat menjadi salah satu satu iconic event dari Kota Yogya dan menarik minat para wisatawan dalam serta luar negeri untuk berolahraga sambil berwisata. Selain dapat membantu promosi wisata, kegiatan ini juga dapat mengenalkan kepada peserta tentang warisan sejarah dan budaya yang dimiliki Kota Yogya.

“Olahraga dan wisata saat ini menjadi kolaborasi kegiatan yang menimbulkan dampak positif terhadap pertumbuhan sektor pariwisata dan ekonomi,” ungkap Singgih  seperti  rilis yang diterima redaksi Sabtu (23/9/2023 ).

Baca Juga : LPS Edukasi Masyarakat Melalui Half Marathon

Singgih bepesan, penyelenggara agar dapat mengelola manajemen acara dengan baik agar tidak terjadi penumpukan peserta di satu area tertentu yang menimbulkan masalah lalu lintas mengingat karakter topografi dan jaringan jalan raya di Kota Yogya yang relatif tidak terlalu lebar serta ramai dengan sepeda motor dan mobil, umumnya juga menjadi urat nadi perekonomian dan aktivitas warga.

TIY42K  dibagi menjadi tiga kategori yaitu 10K, 21K, dan 42K. Titik start dan finis berlokasi di Alun-alun Sewandanan Kadipaten Pakualaman.  Ajang ini memperebutkan hadiah  dengan nilai total Rp 300.000.000, serta kategori master bagi yang berusia di atas 40 dan 50 tahun bagi pelari yang akan mengikuti TIY42K. (*?)

 

Komentar