65 Anggota Kontingen  Kebudayaan  Kota Yogyakarta Dikukuhkan  

 

Teras Malioboro News — Sebanyak 65  orang anggota Kontingen Kebudayaan Kota Yogyakarta  yang terdiri dari 45 orang perwakilan  Kompetisi Bahasa dan Sastra DIY 2024, dan 20  orang wisudawan pawiyatan panatacara  dikukuhkan  pada Jumat (23/8/2024) di Prambanan Ballroom Hotel Cavinton, Mereka hadir dengan busana tradisional gagrak Ngayogyakarta.

Suasana  pengukuhan terasa kental dengan nuansa tradisi Jawa, yang dipandu  oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Yogyakarta Yunianto Dwi Sutono, yang mewakili Penjabat Wali Kota Yogyakarta.

Dalam Sambutannya Yunianto mengajak seluruh elemen masyarakat untuk untuk menjaga dan melestarikan kekayaan budaya tradisional serta menjadikan kegiatan ini sebagai bagian untuk melu handarbeni dan saiyeg saeka praya dalam pengembangan, pelestarian, dan pemanfaatan bahasa serta sastra Jawa bersama seluruh masyarakat Kota Yogyakarta.

“  Mari terus lestarikan dan kembangkan panatacara tradisional yang merupakan bagian integral dari budaya Yogyakarta. “ ujar Yunianto.

Baca Juga : Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta Gelar Pawiyatan Pranata Cara

Sementara itu,  Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Yogyakarta, Yetti Martanti menjelaskan bahwa kompetisi Bahasa dan Sastra 2024 digelar untuk 7 (tujuh) jenis lomba: Maca Cerkak, Maca Geguritan, Macapat, Alih Aksara, Sesorah, Panatacara dan Mendongeng, dengan 15 jenis kategori. Terbagi dalam jenjang anak, remaja dan dewasa. Diikuti oleh 392 (tiga ratus Sembilan puluh dua) orang peserta berasal dari 14 kemantren se-Kota Yogyakarta.

Penyelenggaraan kompetisi Bahasa dan Sastra tingkat Kota Yogyakarta telah selesai dilaksanakan pada 16 – 18 Juli 2024 di Taman Budaya Embung Giwangan. Tiga peserta terbaik dari 15 jenis lomba menjadi kontingen Kota Yogyakarta untuk mengikuti kompetisi di tingkat DIY pada 27-29 Agustus 2024.

Kepala Dinaskebudayaan Kota Yogyakarta Yetti Martanti S.Sos , MM

Baca Juga : Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta Kembali  Gelar Pentas Wayang Kulit  

Begitu pula telah dilakukan pelatihan intensif untuk seluruh anggota kontingen yang berjumlah 45 orang. Dipandu oleh 15 instruktur yang kompeten di bidang bahasa, sastra dan aksara Jawa.

Adapun Pawiyatan Panatacara telah dilaksanakan pada 24 April – 7 Agustus 2024 setiap Rabu malam jam 19.00 – 21.00 WIB, selama 16 kali pertemuan di Taman Budaya Embung Giwangan, diikuti oleh 20 orang peserta warga Kota Yogyakarta, dengan instruktur dari Paguyuban Panatacara Kota Yogyakarta dan Paguyuban Panatacara DIY. (*/isma)

Komentar