Begini Cara Membuat Galantin Tahu Daun Singkong Ala Mahasiswa UNY

Teras Malioboro News — Mahasiswa KKNR UNY 8449 di Padukuhan Clapar 2, Hargowilis, Kokap, Kulon Progo, mengeksplorasi potensi singkong dan daunnya sebagai sumber nutrisi. Dalam kegiatan sosialisasi, mereka fokus pada pembuatan makanan bergizi, khususnya galantin tahu, sebagai alternatif sumber protein nabati.

Ketua KKN, Arfan Putra Bagaskara, mengungkapkan bahwa potensi singkong yang melimpah di wilayah tersebut dapat memenuhi kebutuhan gizi remaja putri. Kesiapan gizi ini dianggap penting mengingat remaja putri akan menjadi ibu yang memerlukan nutrisi yang baik untuk mempersiapkan kehamilan dan melahirkan generasi unggul.

Dalam sosialisasi, Rahmatika Ardini sebagai penanggung jawab kegiatan menjelaskan bahwa mereka menggunakan galantin tahu sebagai menu utama. Galantin tahu diubah dari olahan daging menjadi tahu sebagai sumber protein nabati. Makanan ini kaya akan protein dari tahu, serat, dan mineral dari daun singkong yang tergulung di dalamnya. Galantin tahu dapat disajikan dengan kuah sup segar, aman dikonsumsi oleh seluruh anggota keluarga karena teksturnya yang empuk dan kandungan gizi yang tinggi.

Baca Juga : Begini Cara Membuat Brownies Kunyit Ala Mahasiswa UNY

Untuk membuat galantin tahu, mereka menggunakan bahan seperti tahu, daging/ikan giling, daun singkong, wortel, tepung maizena, tepung terigu, tepung tapioka, bawang putih, bawang bombay, daun bawang, garam, gula pasir, kaldu bubuk, lada bubuk, telur, minyak wijen, saus tiram, pala, dan daun pisang untuk membungkus. Proses pembuatannya melibatkan pencampuran bahan, penggulungan, dan pengukusan selama 20 menit.

Kepala Dukuh Clapar 2, Sumini, mengakui manfaat kegiatan ini, khususnya bagi ibu-ibu PKK. Mereka menyatakan kegembiraan dan antusiasme atas pengalaman baru ini, menganggapnya sebagai ilmu baru yang belum pernah diterapkan oleh KKN sebelumnya.

Baca Juga : Bantu Nelayan, Mahasiswa UNY Sulap Air Laut Jadi  Air Bersih

Bahan yang dibutuhkan 15 potong tahu ukuran sedang, 250 gr daging/ikan giling, 10 lembar daun singkong, 1 buah wortel cincang, 100 gr tepung maizena, 100 gr tepung terigu, 100 gr tepung tapioka, 3 siung bawang putih cincang, 1/2 bawang bombay, 2 sdm daun bawang cincang, 1 sdm garam, 1 sdm gula pasir, 1/2 sdm kaldu bubuk, 1 sachet lada bubuk, 3 butir telur, 4 sdm minyak wijen atau alternatifnya adalah minyak bekas menggoreng bawang, 4 sdm saus tiram, 1 biji pala serta daun pisang secukupnya untuk membungkus.

Cara membuatnya campur tahu dan daging/ikan giling, tambahkan bahan-bahan pelengkap. Aduk sampai tercampur rata lalu evaluasi rasa. Siapkan daun pisang untuk membungkus, olesi dengan minyak. Masukan adonan, kemudian letakkan wortel dan daun singkong di tengah, gulung lalu kukus selama 20 menit. Galantin siap disajikan. (*/)

Komentar