AKN SB Yogya Wisuda 57 Orang Mahasiswa Program D1

Teras  Malioboro News –   Akademi Komunitas Negeri Seni dan Budaya ( AKN SB ) Yogyakarta pada  Kamis (7/9/2023) mewisuda para   mahasiswa  Program Diploma 1 . Prosesi wisuda berlangsung secara  special karena   semua  wisudawan  tidak mengenakan Toga, melainkan mengenakan busana tradisional khas Jawa.

Dalam kesempatan ini , Direktur AKN Seni Budaya Yogyakarta DR.Supadmo MHum menyampaikan,  penyelenggaran wisuda pada tahun ini sudah bisa dilaksanakan secara mandiri  oleh AKN SB  Yogyakarta dan secara langsung.

Kali ini,  AKN SB Yogyakarta  meluluskan 57 wisudawan  dari 20 orang prodi seni tari, 23 orang seni karawitan  dan 14 orang dari studi kriya kulit.  dan dari para wisudawan ini terdapat 10 orang  berpredikat sangat trampil untuk Prodi D1.

“  Sebagai lembaga pendidikan AKN SB mematut diri sebagai kampus yang toleran dengan menerima mahasiswa disabilitas  yang lulus dengan gemilang. “ ujar  Supadmo dihadapan para wisudawan dan undangan yang hadir.

Direktur AKN SB Yogyakarta DR.Supadmo Mhum

Baca Juga AKN SB Tampilkan Kolaborasi Dua Dhalang Dalam Satu Kelir

Ditambahkan Supadmo, dunia kerja menuntut para wisudawan  mengusasi soft skill. Segala pengalaman dan ketrampilan yang telah terbangun selama belajar  memperkuat kompetensi serta mentak sehingga dapat menunjang dapat berkreasi sehingga dapat bersaing di dunia kerja.

Pada zaman  yang sangat berkembang bidang teknologi dan informasinya diharapkan tidak meninggalkan  nilai-nilai seni dan budaya khususnya seni dan budaya yogyakarta. Hal ini menjadi tantangan tersendiri untuk para seniman  mengembangkan nilai seni dan budaya dengan memanfaatka teknologi digitalisasi.

Untuk itu, para lulusan AKN SB Yogyakarta diharapkan dapat menjadi salah satu agen perubahan, memiliki kemandirian menjunjung tinggi adat istiadat agar tetap lestari, menguatkan  sanggar-sanggar seni budaya  dengan menanamkan nilai-nilai seni budaya.  Selain itu, hendaknya para lulusan mampu menjadi perekat solidaritas  yang berdaya.

Benny Suharsono  MSi menyampaikan ,  dalam kontek pembangunan DIY  hendaknya  kembali pada jati diri dengan  reformasi  birokrasi kalurahan yang merupakan tonggak  menunju pemerintahan yang lebih dem okratis. Dengan kebijakan yang lebih inklusif dan demokratis dengan memberikan setiap warga untuk berpartisipasi  dalam proses  mkeputusan politik.

Sementara itu reformasi birokrasi kalurahan mengarah pada transformasi menuju masyarakat yang mandiri yang mengarah  pada ketrampilan serta daya untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka , kesejahteraan fisik, ekonomi dan sosial.

Prosesi Janji Alumni AKN SB Yogyakarta, oleh para wisudawan terbaik.

Baca Juga : Pendaftar  Calon Mahasiswa AKN Senbud Yogyakarta Meningkat 300 Persen.

” AKN Seni Budaya Yogyakarta mempunyai potensi besar  untuk mendukung pemberdayaan  masyarakat. Kapabilitas anda semua yang didukung oleh pemahaman mendalam tentang kearifan lokal, seni dan budaya diberbagai kalurahan adalah asset  yang sangat berharga.  ” tulis  Sultan

Ditambahkan Sultan,  hal  tersebut merupakan sumber inspirasi kita dan akan dimanfaatkan sebagai sumber kemajuan kalurahan. Dalam konteks ini, Sultan percaya para alumni memiliki potensi besar untuk mendukung masyarakat serta memiliki  potensi untuk menjadi pemimpin  maupun pengembang industri kreatif melalui sektor pariwisata dengan  segala inovasi yang dimiliki guna menuju pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Selanjutnya Sultan berpesan bahwa kelulusan ini bukanlah sebuah akhir  dari kehidupan, tetapi baru gerbang awal guna menapaki hidup yang nyata.  (*/SDs )

Komentar