Anies : KPK Harus Kembali Independen.

Headline1, Politik63 Dilihat

Teras Malioboro News —  Bakal Calon Presiden Koalisi Perubahan Anies Rasyid Baswedan mengungkapkan sampai saat ini segala pendanaan kampanye dilakukan secara gotong royong oleh para relawan.Anies menduga, konglomerat tidak dekat dengan Anies karena takut diperiksa pajaknya. sehingga orang takut membantu di daerah masing-masing. alat negara digunakan untuk mengintimidasi calon fundraising.

” Mayoritas bantuan tidak berujud uang. Secara pembiayaan bentuknya natura. tidak berencana mengumpulkan uang. ratusan relawan untuk mengumpulkan iuran. ” ujar Anies dalan acara Bacapres Bicara Gagasan yang digelar di Gedng Graha Sabha Pramana Selasa (19/9/2023)

Diakui Anies, proses politik memang ada biayanya, tapi fundraising untuk menghimpun biaya politikj ini sangat rumit. Untungnya saat ini Koalisi Perubahan banyak dibantu beberapa pihak sehingga proses kampanye tetap berjalan.

Baca Juga : Rektor UGM : Pancasila Hadapi Tantangan Arus Globalisasi

Diyakini,pada masa pemilihan nanti diprediksi akan sangat mahal. Untuk itu, pihaknya saat ini menyiapkan kontennya dan ditarub di cloud sehingga semua orang yang ingin membantu proses kampanye bisa langsung mengunduhnya.

Anies menegaskan, penegakan hukum menjadi faktor penting dan polisi salah satu alat penegak hukum yang kinerjanya harus dimaksimalkan dan profesionalisme ditingkatkan. Sebab, negara membutuhkan polisi sebagaiu alat penegak hukum. Namun, Anies menilai lembaga kepolisian juga wajib transparan sehingga perlu diperbaiki akuntabilitas kepolisian.

Baca Juga : Jelang Tahun Politik 2024, Banser NU Perkuat Barisan dan Satu Komando

Selain itu Anies memandang perlu pemngembangan kompetensi dan pembekalan yang cukup sehingga polisi dapat melakukan adaptasi dengan perkembangan keilmuan saat ini. Tetapi pada sisi lain, Polisi harus menjadi contoh penegakan hukum bagi masyarakat.

Satu hal terpenting menurut Anies adalah membasmi korupsi yang menjadi persoalan besar di negara ini. Untuk itu, lembaga KPK harus independen, agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik dan Pemerintah harus memberikan ruang yang cukup lus kepada pegawai KPK untuj mandiri . Meski dibuat independen, namun KPK juga harus diawasi untuk menghindari abuse sehingga KPK tidak menjadi badan yang merusak korupsi. (*?/SDs )

Komentar