Begini Membuat Racikan Teh Daun Bunga Sepatu. Cukup Mudah.

Teras Malioboro News —   Mahasiswa UNY berinovasi membuat minuman  herbal dari daun bunga sepatu.  Selain mengandung vitamin C, teh  daun bunga sepatu juga memiliki kandungan anti oksidan yang  berfungsi mencegah radikal bebas serta  membantu menurunkan peradangan, menurunkan kolestrol, tekanan darah, serta berat badan.

Aulia Putri Yunita  menuturkan, selama ini bunga sepatu hanya dimanfaatkan sebagai pagar dan tanaman hias.  Jika sudah terlalu rimbun, bunga ini dongkar dan daunnya dipakai sebagai makanan ternak.  Hal ini yang kemudian memunculkan gagasan untuk membuat bunga sepatu lebih bernilai ekonomi, yakni dengan mengolahnya menjadi teh kering.

Cara membuat teh bunga sepatu ini awalnya bunga sepatu dipetik yang masih segar atau belum layu, lalu lepaskan kelopak dari tangkainya, periksa dan bersihkan setiap kelopak dari kotoran dan hama serta cuci bersih.

Baca juga : Resep Kreasi Garang Gepo Ala Mahasiswa KKN UNY

Siapkan wadah yang sudah dialasi tisu dapur/tisu biasa untuk menata kelopak bunga sepatu. Kemudian letakkan kelopak bunga sepatu dalam wadah kemudian tunggu hingga tidak ada air yang tersisa.

Sementara itu siapkan oven, kemudian masukan kembang sepatu ke dalam loyang yang telah dialasi baking paper dan panggang selama kurang lebih 15 menit atau dapat ditunggu hingga bunga sepatu berwarna ungu kecoklatan. Angkat bunga sepatu yang sudah kering dan teh bunga sepatu siap disajikan.

Baca Juga : Begini Cara Membuat Galantin Tahu Daun Singkong Ala Mahasiswa UNY

Cara menyajikan teh bunga sepatu menurut Rahmatika Ardini yaitu ambil satu sendok teh bunga sepatu dan masukan ke dalam gelas. Bagi yang suka rasa manis bisa ditambahkan gula/madu sesuai dengan selera.

Kemudian seduh dengan air panas lalu aduk menggunakan sendok hingga bunga sepatu berwarna ungu.

“Sebagai opsional dapat ditambahkan sedikit asam dari jeruk/lemon, dan teh bunga sepatu berubah menjadi warna merah” tegasnya.  (*/SDs )

 

Komentar