Berbagai Atraksi Seni Semarakkan Pasar Takjil Kaliurang #3,

Teras Malioboro News Dalam rangka menyemarakkan bulan Ramadhan 1445 H sekaligus memeriahkan destinasi wisata lereng Merapi disaat menjelang berbuka puasa, Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman bekerjasama dengan para pelaku pariwisata Lereng Merapi dan Forkom UMKM Hargobinangun Pakem menggelar Pasar Takjil Kaliurang #3 selama tiga hari berturut-turut pada hari Jum’at – Minggu tanggal 29 – 31 Maret 2024 di Tlogoputri Kaliurang Pakem Sleman Yogyakarta. Rangkaian Pasar Takjil Kaliurang ini terbuka untuk umum mulai pukul 14.00 WIB – 18.00 WIB.

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo membuka secara simbolis Pasar Takjil Kaliurang #3 dengan memotong buntal. Pada kesempatan tersebut, Kustini mengapresiasi acara ini sekaligus menjadi upaya meningkatkan kunjungan wisatawan ke kawasan Kaliurang di bulan Ramadhan, memperkenalkan produk dan meningkatkan penjualan produk khas Kabupaten Sleman sebagai ajang pembinaan dan pendampingan bagi pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Sleman.

“Perkiraan jumlah pergerakan wisatawan selama libur Lebaran yakni antara 300.000 sampai 450.000 orang. Sehingga Pelaku UMKM Sleman menggantungkan usahanya terhadap tingkat kunjungan wisatawan dan ini merupakan salah satu media promosi offline yang sangat baik karena pelaku UMKM dan Wisata dapat berinteraksi langsung dengan para pelanggan,” jelas Kustini saat memberikan sambutan.

Kustini berharap acara ini dapat terus berkelanjutan bahkan dikembangkan agar cita-cita mewujudkan pariwisata Sleman maju dan UMKM naik kelas dapat terwujud. Ia juga berharap acara ini bertransformasi menjadi Festival Kuliner Kaliurang yang diselenggarakan di luar bulan dengan sajian khas yang berbeda dengan jajanan umum yang disajikan di Kaliurang.

Baca Juga : Dibanding Solo , Pariwisata Kota Yogyakarta  Memang Tertinggal . Saatnya Berbenah.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Ishadi Zayid, SH, menyampaikan event yang telah berlangsung 3 (tiga) kali berturut-turut ini diharapkan mampu menggerakan sektor wisata khususnya di kawasan Lereng Merapi selama momen bulan Ramadhan. Pihaknya memberikan apresiasi yang tinggi kepada para pelaku pariwisata dikawasan lereng Merapi dan UMKM Hargobinangun Pakem Sleman yang senantiasa mendukung penuh event ini.

” Kita berharap sinergitas, kolaborasi dan kerjasama yang baik ini perlu terus dipertahankan dan ditingkatkan dimasa-masa mendatang untuk terus memajukan sektor pariwisata di kawasan lereng Merapi.”  ujar Ishadi Rabu (27 /3/ 2024 )  di Sleman.

Ditambahkan Ishadi, berbagai kegiatan yang digelar dalam Pasar Takjil Kaliurang #3 di antaranya pameran kuliner, pentas seni, lomba mewarnai kategori PAUD, TK & SD kelas 1-3. Menurut rencana Pasar Takjil Kaliurang akan dibuka pada hari Jum’at 29 Maret 2024 Jam 15.00 WIB oleh Bupati Sleman, Dra Hj. Kustini Sri Purnomo.

Pada saat acara pembukaan juga  ditampilkan atraksi seni tari oleh Sanggar Tari Kembang Sakura dari Sendangadi Mlati Sleman, pada hari kedua dipentaskan Orkes Gambus dan Sufi, sedangkan pada hari ketiga akan dipentaskan penampilan dari Hendwi Band.

Baca Juga : “ Ramadhan Under The Stars “, Syahdunya Berbuka Dibawah Sinar Bintang

Dalam kesempatan ini, Ishadi juga menghimbau pelaku wisata agar tidak memanfaatkan momen libur lebaran untuk keuntungan sesaat, diantaranya menerapkan harga tarif parkir yang diluar kewajaran. Karena hal tersebut akan menorehkan citra yang kurang baik dimata wisatawan.

Sedangkan selama periode libur lebaran 2024 yakni tanggal 5 s/d 17 April 2024, Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman menargetkan jumlah kunjungan wisatawan sebanyak 450 ribu wisatawan.-