Bergembiralah, Allah Begitu Dekat

Oleh : Ustadz Sujarwo

Oase565 Dilihat

Teras Malioboro News – Bergembiralah. Sebab, Allah begitu dekat. Seolah-olah tanpa sekat. Seakan-akan tidak berjarak. “Dan sungguh, Kami telah menciptakan manusia dan mengetahui apa yang dibisikkan oleh hatinya, dan Kami lebih dekat kepadanya daripada urat lehernya.” (QS. 50 : 16)

Bila Allah sudah dekat, doa-doa yang kita langitkan, bukankah mudah Allah tuntaskan dan kabulkan. “Dan bila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat. Aku kabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia berdoa kepada-Ku. Hendaklah mereka itu memenuhi (perintah)-Ku dan beriman kepada-Ku agar mereka memperoleh kebenaran.” (QS. 2 : 186)

Bergembiralah, Allah tidak pernah secuil dan sesaatpun, mengabaikan dan melupakan kita. Dia Dzat yang terus mengurus dan memelihara kita, dari waktu ke waktu tanpa jeda. “Allah, tidak ada tuhan selain Dia. Yang Maha Hidup, yang terus-menerus mengurus (makhluk-Nya). Tidak mengantuk dan tidak tidur. Milik-Nya apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafaat di sisi-Nya tanpa izin-Nya. Dia mengetahui apa yang di hadapan mereka dan apa yang di belakang mereka dan mereka tidak mengetahui sesuatu apa pun tentang ilmu-Nya melainkan apa yang Dia kehendaki.” (QS. 2 : 255)

Baca Juga: Bergembiralah, Allah Begitu Dekat

Soal pengawasan, jangankan kita. Bahkan, sehelai daun yang terlepas dari tangkainya terjadi hanya seijin Allah dan dalam bentangan pengetahuan-Nya. “Dan kunci-kunci semua yang gaib ada pada-Nya; tidak ada yang mengetahui selain Dia. Dia mengetahui apa yang ada di darat dan di laut. Tidak ada sehelai daun pun yang gugur yang tidak diketahui-Nya. Tidak ada sebutir biji pun dalam kegelapan bumi dan tidak pula sesuatu yang basah atau yang kering, yang tidak tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh).” (QS. 6 : 59)

Oleh karena itu, bergembiralah. Jangan lagi kita bersedih, cemas, dan susah. Sebab, Allah bersama kita. “Jangan engkau bersedih. Sesungguhnya Allah bersama kita.” (QS. 9 : 40)

“Ingatlah wali-wali Allah itu (orang yang dekat dengan Allah karena keimanan dan ketaqwaan mereka), tidak ada rasa takut pada mereka dan mereka tidak bersedih hati.” (QS. 10 : 62)

Komentar