Bikin Kaget, Aktor Korea Ini Dianggap Cowok Red Flag oleh Netizen

Berita, Headline180 Dilihat

TerasMalioboroNews.com–Beberapa waktu lalu, publik dihebohkan dengan kabar Song Joong Ki yang mengumumkan telah menikahi kekasihnya Katy Louise Saunders, yang kini sudah mengandung dan diperkirakan akan melahirkan pada Agustus nanti.

Kabar ini tentunya menjadi kabar bahagia bagi para penggemar Song Joong Ki. Namun beberapa netizen di sosial media menganggap sebaliknya. Mereka menilai, bahwa Song Joong Ki termasuk pria red flag karena dikaitkan dengan isu playing victim, hingga dengan timeline pertemuannya sampai menjalin hubungan dengan Katy dinilai terlalu cepat setelah ia bercerai dengan mantan istrinya, Song Hye Kyo.

Berbeda dengan tanggapan netizen Indonesia, netizen Korea tidak terlalu menanggapi lebih jauh. Seperti yang dikatakan oleh Hansol Jang dalam konten Youtube Korea Reomit yang diunggahnya pada 2 Februari lalu, ia mengatakan jika tanggapan orang-orang Korea ada yang memberikan selamat. Tapi ada juga yang mempertanyakan mengapa Song Jong Ki memilih Katy. Selain itu, dijelaskan jika tanggapan orang-orang Korea terhadap pemberitaan ini tidak terlalu ramai diperbincangkan, dibandingkan dengan saat pemberitaan pernikahan sebelumnya bersama Song Hye Kyo dan juga dibandingkan tanggapan netizen Indonesia hingga menganggap Song Jong Ki menjadi salah satu pria red flag.

Istilah red flag sendiri memiliki konotasi kurang baik. Istilah ini mulai sering dipakai oleh banyak orang sejak tahun 2022 kemarin. Selain red flag, ada istilah yellow flag dan juga green flag.

Mengutip dari Parapuan yang dilansir dari Times of India, arti red flag atau bendera merah mengacu pada masalah signifikan dan mencolok dalam hubungan yang menuntut perhatian segera. Red flag bisa menjadi pertanda bahwa pasanganmu tidak cocok untukmu dan hubungan sebaiknya segera diakhiri. Masalah dalam red flag sangat buruk. Beberapa di antaranya ialah perselingkuhan, kekerasan verbal, kekerasan fisik, pemerasan, dan perilaku manipulatif.

Sedangkan yellow flag atau bendera kuning adalah masalah hubungan yang mengganggu, tapi tidak terlalu menyinggungmu. Kamu tahu pasanganmu menjengkelkan, tapi terkadang masalah ini hanya cukup diselesaikan dengan komunikasi terbuka. Masalah yang bisa dikategorikan yellow flag adalah ketidakpekaan, meragukan pasangan, memiliki rencana hidup berbeda, dan tidak berbicara tentang latar belakang atau keluarga.

Lalu green flag atau bendera hijau adalah konotasi positif dari hubungan, sederhananya adalah hubungan sehat. Di mana bendera merah dan kuning menunjukkan perbedaan, bendera hijau menunjukkan hal-hal yang kamu sukai dalam hubungan. Hubungan green flag membangun komunikasi terbuka, serta tidak ada perilaku buruk yang mengkhianati kesetiaan.

Selain pemberitaan mengenai Song Joong Ki, nyatanya banyak kisah lainnya yang tergambarkan dalam sebuah cerita yang mendeskripsikan berbagai konflik dari hubungan red flag. Seperti pada kisah-kisah novel, tidak sedikit para penulis yang mendeskripsikan tokoh utamanya menjadi pria red flag.

Seperti pada novel My Arcy Mommy karya Awindsari, yang mengisahkan Arjuna  enggan menemui dan membesarkan anaknya setelah kehilangan istrinya, Nancy. Arjuna bahkan meminta Sahara, sahabat Nancy sekaligus wanita yang diam-diam mencintainya, untuk membawa anaknya pergi jauh-jauh dari pandangannya. Lima tahun kemudian, takdir memaksa mereka bertiga untuk bertemu lagi. Hati Arjuna yang telah lama beku pun perlahan kembali menghangat setelah melihat Sahara begitu menyayangi putrinya yang diberi nama Arcy.

Selain itu, ada juga novel Bastard from California karya Manishmanisha yang berkisah tentang Saira dan Lucas yang berusaha membatalkan pertunangan mereka. Namun, karena pengaruh alkohol malam yang seharusnya menjadi pertemuan terakhir membuat mereka melakukan hal di luar dugaan. Sebulan berselang, Saira mendapati dirinya mengandung. Ia harus berusaha membuat laki-laki yang enggan berkomitmen menjadi suami dan ayah dari bayinya.

Novel Bastard from California ini bahkan sudah dibaca lebih dari 93.250 pembaca dan menempati posisi kedua buku yang sedang tren, posisi pertama buku yang top minggu ini, hingga buku favorit sepanjang masa di platform Cabaca.

Selain kedua buku tersebut, ada juga Marriage Express karya Chi_hyo_ki95, lalu novel Still With You karya adhwaaeesha, Eternal Sin karya Alfarin, Jerk Billionaire’s Trap karya Marrygoldie, dan lainnya yang menggambarkan pria red flag dalam suatu hubungan.

Seperti yang dikatakan oleh Fatimah Azzahrah, Co-Founder Cabaca, belakangan  orang makin pintar dalam menerjemahkan hubungannya dengan pasangan, sampai-sampai istilah red flag ini jadi sering dipakai. “Pengetahuan tentang hubungan seperti apa sih yang nggak sehat, bisa dengan mudah didapat. Entah itu dari media sosial maupun artikel,” ungkapnya saat diwawancarai secara daring pada (6/2/2023).

Oleh karena itu disebutkan oleh Fatimah, perilaku judgement juga jadi tidak bisa terhindarkan. Orang bisa dengan mudah menjadikan kisah orang lain atau cerita dalam novel, sebagai salah satu cara mereka berlatih untuk menilai mana hubungan yang tidak sehat.

Di sisi lain, labelling cowok red flag ini sebenarnya masih punya sisi positif karena membuat seseorang bisa menilai orang seperti apa yang layak menjadi pasangan hidup. Tentunya apabila dilakukan dalam porsi sewajarnya dan bukan menjurus kepada sesuatu yang kontroversial, seperti misalnya cancel culture. (suwarjono)

 

 

 

Komentar