BPJS Berikan Apresiasi Kepada Badan Usaha se DIY

Teras Malioboro News — BPJS Kesehatan Cabang Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memberikan apresiasi kepada badan usaha di wilayah DIY yang telah memberikan fasilitas terbaik dalam penyelenggaraan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Acara Gathering Badan Usaha dengan tema “Satu Dekade JKN: Sinergi Bersama Mewujudkan Cakupan Kesehatan Paripurna” diadakan di Hotel Alana Yogyakarta pada Rabu (19/6/2024 ).

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DIY, Aria Nugrahadi, menyampaikan kesiapan untuk berkolaborasi dengan BPJS Kesehatan dalam penyelenggaraan JKN. “Pada tahun 2023, Pemda DIY berhasil menerima Universal Health Coverage (UHC) dari pemerintah pusat, yang diserahkan langsung oleh Presiden kepada Wakil Gubernur DIY di Jakarta atas tercapainya UHC dengan pencapaian peserta mencapai di atas 95%. UHC di DIY saat ini telah mencapai 100% dengan status peserta aktif sebanyak 3.299.937 dari total warga DIY berjumlah 3.722.296 orang, atau sebesar 88,65%,” jelasnya.

Baca jugaTakmir Masjid Se Kota Yogyakarta Segera Terima BPJS

Program UHC dilaksanakan agar layanan kesehatan semakin membaik dan masyarakat Indonesia mendapatkan pelayanan kesehatan yang adil dan bermutu. Terdapat empat pilar dalam program JKN ini, yaitu Pemerintah Daerah, BPJS Kesehatan, peserta, dan fasilitas kesehatan, yang bisa memajukan program jaminan kesehatan nasional.

Dalam acara gathering kali ini, terdapat beberapa nominasi dan pemenang program JKN. Pada segmen badan usaha, terdapat dua kategori penghargaan: kategori rekrutmen terbaik badan usaha dengan kriteria patuh dalam mendaftarkan pekerja, anggota keluarga, serta patuh waktu pendaftaran, dengan delapan perusahaan menjadi pemenang. Untuk kategori badan usaha patuh membayar iuran, terdapat delapan badan usaha yang menerima penghargaan.

Sedangkan pada segmen fasilitas kesehatan, terdapat beberapa kategori penghargaan, antara lain PIC JKN FKRTL terbaik, kepatuhan terbaik FKRTL, kepatuhan terbaik FKTP, digitalisasi layanan rumah sakit dan FKTP, maturitas klaim FKRTL terbaik 2024, utilization review FKTP dan FKRTL terbaik tahun 2024, konsistensi capaian KBK terbaik tahun 2023-2024, skrining FKTP terbaik tahun 2023, skrining sekunder terbaik, dan duta promotif preventif terbaik tahun 2023, dengan pemenang beberapa rumah sakit milik pemerintah DIY.

Baca JugaBPJS Ketenagakerjaan DIY Kampanyekan Program ‘Kerja Keras Bebas Cemas Masuk Desa’

Kepala BPJS Cabang DIY, M. Idar Aries Munandar, menjelaskan bahwa penghargaan ini merupakan gambaran dari penyelenggaraan program JKN yang semakin membaik seiring berjalannya waktu. “Penyelenggaraan acara ini merupakan momentum untuk menyambut satu dekade penyelenggaraan Program JKN seiring dengan HUT BPJS Kesehatan yang ke-56 pada 15 Juli 2024,” ujarnya.

Dengan penghargaan dan apresiasi ini, diharapkan badan usaha dan fasilitas kesehatan terus meningkatkan pelayanan dan kepatuhan dalam penyelenggaraan program JKN, sehingga cakupan kesehatan paripurna dapat terwujud di DIY.

Komentar