Cassascrub. Lulur Kecantikan Dari Kulit Kopi ,Bikin Kulit Cerah Alami

Headline2, Jogja Raya105 Dilihat

Teras Malioboro News —   Indonesia merupakan salah negara penghasil kopi yang cukup besar di dunia. Namun, biasanya yang dimanfaatkan hanya biji kopi  untuk dikonsumsi sebagai minuman, sementara kulit kopi lebih banyak dibuang.

Terinspirasi oleh hal itu, sekelompok mahasiswa UNY  kemudian menciptakan lulur alami berbahan dasar limbah kulit kopi yang dikombinasikan dengan beras putih sebagai scrubnya.

Menurut Nasywa Aliyah Syafira yang merupakan mahasiswa  Prodi Teknologi Pendidikan,  penggunaan limbah kulit kopi (Cascara) sebagai bahan dasar lulur alami karena kulit kopi yang mengandung tanin sebagai antibakteri, kafein untuk mengurangi stretch, dan senyawa polifenol (antioksidan) yang sangat bagus bagi kesehatan kulit.

“Berdasarkan penelitian , jumlah kadar antosianin paling tinggi pada kulit buah kopi robusta yaitu sebesar 15,74 mg/L lebih tinggi daripada kulit buah kopi arabika dengan kadar antosianin tertinggi sebesar 12,48 mg/L” ujar Nasywa, Rabu (3/7/2024).

Baca Juga : Masuki Usia ke-60 , UNY Prioritas Kembangkan Fakultas Vokasi.

Kandungan  yang ada dalam  kulit kopi tersebut , lanjut  Nasywa, berpotensi untuk membantu proses pencerahan kulit dengan cara mengangkat sel kulit mati. Produk ini memiliki keunggulan dan keunikan tersendiri karena terbuat dari bahan alami berupa limbah kulit kopi sebagai bahan utamanya, disertai beras putih sebagai scrub lembut di kulit sehingga aman untuk digunakan.

Oleh karena itu, Nasywa bersama beberapa rekannya kemudian membuat produk lulur  yang diberi nama ”CassaScrub”. Produk ini  kaya antioksidan yang dapat mencerahkan kulit dan membantu menyamarkan stretch mark.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat CassaScrub adalah kulit kopi, nipagin, etanol, aquades, gliserin, minyak esensial vanilla, VCO, vitamin c, propilen glikol, beras putih, TEA (triethanolamine), vaseline, setil alkohol, asam stearat, kemasan tube, kardus kemasan dan label kemasan.

Adapun cara membuatnya dibagi menjadi dua tahap yaitu ekstraksi kulit kopi dan pembuatan scrubnya. Pembuatan ekstrak kulit kopi dengan cara maserasi. Untuk membuat ekstrak kulit kopi diperlukan 200gram kulit kopi kering yang sudah dihaluskan kemudian dimaserasi dengan 1 liter etanol 96% dalam stoples. Proses maserasi dilakukan selama 3 hari dengan pengadukan setiap 24 jam.

Baca Juga : Virjinia Angela , Mahasiswa UNY Asal Papua  Raih Gelar Miss Persahabatan

Untuk membuat CassaScrub, ekstrak kulit kopi, Nipagin, TEA dan aquades distirer hingga homogen. Minyak asam stearat, VCO, vaseline, setil alkohol dan propilen diaduk lalu dileburkan dengan kompor pemanas sampai larut. Lalu semuanya dipanaskan dengan suhu 70 derajat Celsius dan diaduk sehingga terbentuk cream scrub.

Produk CassaScrub bisa didapatkan di Kopma UNY, Plaza UNY, e-commerce dan pemesanan langsung lewat Instagram dengan harga Rp. 20.000 / pcs . (*/Sulist Ds )

Komentar