CRSL,   Salah Satu Mitra JNE Yang Sukses Memikat Anak Muda

Teras Malioboro News –  – Siapa Tak kenal  CRSL. Brand fashion   asal Yogyakarta, CRSL  ini sekarang tak hanya populer  di dalam negeri tetapi juga mulai merambah pasar manca negara.  Dan kesuksesan  brand yang semula bernama “ Carousel “ itu tentu tak bisa dilepaskan dari sosok  Mohamad Hidayat Rifai (30),  yang berada dibalik berdirinya CRSL.

Mohammad  Hidayat Rifai yang akrab disapa dengan Dadat ini menuturkan bahwa kesuksesan yang diraih  oleh CRSL sekarang ini  terjadi melalui sebuah proses yang panjang dan berliku.

Hal itu berawal dari kegemarannya berbisnis sejak masih muda. Bahkan saat kuliah pun Dadat  telah mencoba  menggelar event, dengan harapan dapat memperoleh uang dengan cara yang cepat.  Namun,  bisnis  event  perdananya ini ternyata justru merugi dan Dadat terpaksa menanggung hutang sebesar Rp.80 juta.  Akibatnya,  Dadat pun banting tulang dengan kerja serabutan agar dapat membayar utang tersebut.

Suatu ketika, dia melihat banyak  fans musik yang suka memberikan sovenir topi bergambar hewan untuk musisi idolanya. Maka Dadat pun terinspirasi untuk menjual topi bergambar hewan. Ternyata ide ini diterima publik.  Karena itu, dia memproduksi topi bergambar  karakter hewan dengan merek Carousel.

“Filosofinya sederhana, kita ingin rezekinya terus berputar seperti Carousel  atau komidi putar. Meski suatu  bagian ada dibawah, tetapi bagian lain ada yang diatas ”  ujar Dadat saat ditemui di CRSL Office, Jalan Jongke, Mulungan Wetan, Sendangadi, Mlati, Sleman, Senin (11/12/2023)

Baca Juga : JNE Raih Penghargaan dari Indonesia Digital Ecosystem Summit 2023

Mengenai  karakter hewan ini,  menurut Dadat juga berasal dari coba-coba. Awalnya dia menjual banyak karakter hingga akhirnya terpilih  5 karakter yang kini menjadi ikon CRSL yaitu : Chilo (kucing), Odin (dino), Choco (beruang), Pigko (babi), dan Popo (panda). CRSL Gengs lantas dikenalkan lewat media sosial milik mereka dan mendapat sambutan hangat dari pengikutnya. Produk brand intellectual property CRSL Gengs akhirnya bisa diterima pasar.  Bukan hanya pasar dalam negeri tetapi juga pasar luar negeri.

Setelah penjualan sedikit mapan,  tahun 2017  Dadat  memutuskan membuat store pertama kali .  CRSL Gengs tak hanya dibuatkan topi, namun mulai merambah ke produk fashion lainnya seperti tas punggung, sling bag, jaket, dompet, sandal, sepatu, helm serta aksesoris lainnya. Karakter CRSL Gengs kini juga muncul dalam kolaborasi dengan sejumlah perusahaan besar untuk dijadikan marchandise resmi.

Kemudian, sejak 2021  secara resmi Carousel berubah menjadi CRSL  dan  mendapat hak paten sejak tahun 2018. Bahkan  karakter CRSL Gengs pun sudah kami daftarkan hak ciptanya.

Muhammad Hidayat Rifa’i — Owner CRSL

Baca Juga : Konsisten Berbagi, JNE Raih Dua Penghargaan Sekaligus 

Sukses membesarkan CRSL Store secara offline dan online, Dadat berusaha menggapai mimpinya dengan menggelar CRSL Concert pada tahun 2019. Ini adalah konser profesional perdana setelah pengalaman buruk semasa kuliah. CRSL Concert berlanjut tahun 2020, 2022 dan 2023.  Tapi  tahun 2021 vakum karena terjadi pandemi Covid-19.

Terakhir, CRSL Concert 2023  yang berlangsung di Jogja Expo Center (JEC) sukses mendatangkan sejumlah musisi Tanah Air dan luar negeri dengan tema The Perfect Place.

Dukungan JNE

Dadat menyebut, CRSL Concert 2023 merupakan  kerjasama dengan banyak perusahaan,  salah satunya dengan JNE.  Bahkan, diakuinya JNE telah 3 kali  mendukung gelaran CRSL Concert.

Dalam konser tersebut, CRSL dan JNE sama-sama semangat membawa misi kebahagiaan, seperti halnya slogan “Connecting Hapiness” yang dijalankan JNE selama 33 tahun ini. Mengantarkan kebahagiaan untuk pelanggan.

Baca Juga : Kiriman Dari Magelang Tujuan Jateng-DIY, Pakai JNE  Ongkir  Rp10 Ribu Saja

Menurut Dadat, bukan hanya di konser, JNE menjadi pilihan CRSL untuk mengirimkan produk dan merchandise yang dibeli konsumen melalui website CRSL maupun marketplace.  Sebab, JNE  merupakan perusahaan logistik asli Indonesia yang terpercaya dan amanah.

Untuk itu, Dadat berharap,  JNE semakin berkembang, mengakomodir pengiriman hingga wilayah terpencil dan luar negeri. Di benak konsumen, JNE itu bisa menjaga kepercayaan  (*/Sulist Ds )