Daun  Meniran Berkhasiat Singkirkan Bau Badan

Teras Malioboro News —  Bau badan merupakan permasalah  banyak orang. Bahkan, akibat bau badan membuat orang jadi rendah diri. Padahal, banyak tumbuhan yang berkhasiat untuk menghilangkan bau badan, salah satunya adalah  Tanaman Meniran.

Meniran (Phyllanthus Niruri L) merupakan tumbuhan liar yang banyak tumbuh subur di kawasan yang lembab seperti hutan, ladang, kebun-kebun maupun pekarangan halaman rumah.

Sehubungan dengan hal tersebut,  sekelompok mahasiswa UNY  terinspirasi memanfaatkan daun meniran menjadi deodoran spray penghilang bau badan.  Oleh karena bersama sejumlah mahasiswa lain dia membuat deodoran spray yang berasal dari daun meniran.  Produk  tersebut dikemas  menggunakan botol berukuran 50 ml agar memudahkan konsumen membawa produk bepergian.

“Bahan yang digunakan adalah daun meniran, aquadest, etanol 96%, pewangi, gliserin, dan propilen glikol” paparnya  dalam rilis media yang diterima redaksi, Rabu (12/6/2024).

Baca Juga : UNY Buka Program D4 Pengobatan Tradisional Indonesia. 

Pembuatan ekstrak daun meniran ternyata tidak begitu rumit.  Pertama kali daun meniran dicuci dengan air kemudian dikeringkan menggunakan oven. Setelah dikeringkan, daun diblender tanpa menggunakan air sampai halus menjadi serbuk simplisia.

Serbuk simplisia yang diperoleh kemudian diayak dengan mesh no. 40 lalu diekstraksi menggunakan metode maserasi dan remaserasi selama 5 hari dengan pelarut etanol 96%. Filtrat yang diperoleh kemudian diuapkan menggunakan rotary evaporator pada suhu 50 derajat Celcius hingga diperoleh ekstrak kental kemudian dihitung hasil rendemen ekstraknya.

Baca Juga : Kampung Emas Margo Agung, Bakti Rektor UNY Terhadap Tanah Kelahiran

Kemudian,  untuk pembuatan deodorant spray, larutkan ekstrak daun meniran dengan aquades, propilen glikol dan aduk perlahan hingga homogen. Lalu tambahkan ditambahkan sedikit demi sedikit gliserin dan pewangi lalu diaduk hingga homogen.

Selanjutnya semua bahan yang sudah dimasukan dan sudah diaduk secara homogen dimasukkan ke dalam botol spray yang sudah disterilkan.  Produk yang terbentuk berupa larutan deodoran dimasukkan dalam kemasan botol plastik semprot berukuran 50 ml . (*/)

 

Komentar