Djarum Foundation Bantu Distribusi Air dari Goa Jomblang Wonogiri untuk Penuhi Kebutuhan 2.071 Jiwa

TERAS MALIOBORO NEWS, Wonogiri — Kerja Persaudaraan yang digagas sejak tahun 2019 oleh warga Desa Gendayakan, Kelompok Mahasiswa Pecinta Alam GAPADRI dari Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY), Padasuka (Padepokan Dakwah Sunan Kalijaga) dan Djarum Foundation bantu mengangkat dan mendistribusikan air dari Goa Jombjang, Wonogiri Jawa Tengah.

Di tahun ini, upaya peningkatan distribusi air dari Goa Jomblang mampu menghasilkan 144 ribu Iiter perhari yang bisa memenuhi kebutuhan 2.071 jiwa di Desa Gendayakan.

Hingga Agustus 2023, air dari Goa Jomblang tersebut sudah disalurkan ke 720 warga di empat dusun yakni Dusun Ngejring, Gendayakan, Blimbing dan Pucung. Upaya tersebut berhasil memerdekakan warga desa dan kekeringan. Pasalnya, dengan kontur wilayah Desa Gendayakan yang sebagian besar perbukitan berbatu gamping (karst) dan vegetasi berakar dangkal, membuat air tidak tersimpan di dalam tanah sehingga warga tak bisa menggali sumur untuk mengambil air bersih. Padahal, air merupakan kebutuhan vital bagi ratusan warga yang bekerja sebagai petani di wilayah ini.

Artis Bollywood Aishwarya Khare dan Rohit Suchanti akan Kunjungi Kuliner Ikonik Jogja

“Kondisi kekeringan ini sudah terjadi sejak saya kecil. Alhasil untuk mendapatkan air bersih warga hanya punya dua pilihan, yakni membuat penampungan air saat hujan. Lalu ketika musim kemarau panjang, warga harus memanggul air sambil berjalan kaki sekitar empat jam pulang pergi ke Pacitan, Jawa Timur untuk mengambil 25 Iiter air bersih,” ujar Kepala Desa Gendayakan, Heri Sutopo, di sela syukuran Peningkatan Sistem Distribusi Air Bersih Goa Jomblang, Selasa (22/8/2023).

Ketiadaan air bersih di Desa Gendayakan menimbulkan sejumlah implikasi, terutama dalam hal menurunnya kesejahteraan masyarakat. Mulai dan gagal panen hingga tergerusnya tabungan warga untuk membeli air. Harganya tidak murah. Untuk satu tangki air dengan kapasitas 5 ribu Iiter, warga merogoh kocek sekitar Rp150 ribu. Di musim kemarau, harga air naik menjadi Rp170 ribu hingga Rp200 ribu.

“Lebih dari 80 persen warga kami menggantungkan hidup dari bertani, kalau gagal panen karena tidak ada air, otomatis mereka tidak memilik penghasilan. Ada juga warga yang terpaksa menukarkan ternak peliharaan mereka seperti sapi demi mendapatkan ar bersih, sehingga dengan kondisi seperti tu, secara perlahan kesejahteraan warga menurun,” kata Heri.

Komisi Fatwa MUI Nyatakan Wine Merek Nabidz Haram

Kondisi ini berangsur membaik mulai tahun 2019. Kala itu, kerja persaudaraan lintas instansi dan elemen masyarakat mulai mengeksplorasi Goa Jomblang yang ada di Desa Gendayakan. Hasil penelitan menunjukkan, di dasar goa terdapat sumber air bersih melimpah dengan baku mutu yang dapat dikonsumsi manusia.

Tergerak Atasi Kesulitan

Sementara itu Deputy Program Director Bakti Sosial Djarum Foundation Achmad Budiharto mengatakan, Djarum Foundaton melalui program Djarum Sumbangsih Sosial tergerak membantu mengatasi kesulitan yang dihadapi warga Gendayakan. Meski sudah menemukan sumber air bersih di Goa Jomblang, proses distribusi air bersih ke rumah-rumah warga tidak mudah. Goa Jomblang merupakan goa vertikal yang memilik kedalaman 180 meter, atau setara dengan 45 lantai gedung bertingkat.

“Jika diukur, kedalaman goa melebihi tingginya Monas. Tidak mudah mengangkat ar dengan kedalaman seperti itu. Dibutuhkan instalasi pompa dan pipa yang kuat untuk mengangkat air ke atas Di sinilah Djarum Foundation melalu program Djarum Sumbangsih Sosial hadir untuk mendukung pengangkatan air dan pendistrbusiannya sehingga dapat dinikmati oleh warga desa,” tutur Budiharto.

Lukisan Wajah Sultan HB X Laku Rp. 3 Juta .

Proses optimalisasi pendistribusian air bersih Goa Jomblang terus disempumakan. Pada 2023, Djarum Foundation memperkokoh instalasi pompa, kelistrikan dan proses pendistribusian air ke warga. Instalasi pompa meliputi penggantian pompa berupa tiga unit pompa submersible yakni 1 unit Grundfos dan 2 unit Frankin dan Jerman. Lalu, penggantian instalasi pipa juga diganti dari yang semula pipa pvc menjadi pipa stamnless steel agar tidak mudah pecah. Sedangkan pada sistem kelistrikan, tegangan Istrik yang sering turun diperbaiki dengan penggantian trafo dan kabel tanpa percabangan. Kabel yang didesain khusus ini berfungsi menghambat voltase naik-turun sehingga menanggulangi risiko pompa terbakar. Daya listrik juga dinaikkan menjadi 11 000 VA per 1 phase dari sebelumnya 4.000 VA per 1 phase.

“Kami juga berterimakasih kepada PLN yang turut ambil bagian dalam kerja persaudaraan ini dengan memasang instalasi kelistrikan dan juga memberikan tarif sosial, bukan tarif komersial sehingga sangat meringankan warga,” ujar Budiharto

“Selain itu, kami juga melakukan penutupan pada mulut goa dengan memasang steel grating di bibir goa. Hal itu dilakukan untuk mencegah benda-benda asing yang masuk dari ketinggian lebih dari 100 meter yang dapat merusak instalasi pompa,” tambah Budiharto.

Pentingnya Menjernihkan Hati

Dengan berbagai peningkatan tersebut, saat ini debit air yang diangkat dari Goa Jomblang mampu memenuhi kebutuhan air warga di empat dusun. Tak hanya itu, melimpahnya debit air dari Goa Jomblang ini kelak juga akan dinikmati oleh tujuh dusun lainnya di Desa Gendayakan. Sehingga, di masa mendatang, 11 dusun akan segera menikmati air bersih.

“Berdasarkan kalkulasi, debit air yang saat ini sudah berhasil diangkat dari Goa Jomblang mampu memenuhi kebutuhan air untuk 2.071 warga yang tersebar di 11 dusun di Desa Gendayakan. In adalah kabar yang sangat menggembirakan. Di tengah musim kemarau yang sedang terjadi di sebaran wilayah Indonesia, kerinduan warga Desa Gendayakan terhadap air bersih mulai terobati. Ke depan, kami berharap semoga kerja persaudaraan ini semakin memberikan manfaat ke lebih banyak warga desa,” Budiharto optimistis.

Sementara itu, Surati selaku warga Desa Gendayakan mengucap syukur dan berterima kasih atas kerja kolaboratif berbagai institusi yang telah berupaya menghadirkan air bersih ke rumah-rumah warga. la yakin, pendistribusian air dari Goa Jomblang tersebut tidak hanya memenuhi kebutuhan dasar warga terhadap air, tapi juga mampu mengangkat kesejahteraan hidup warga desa.

Telkomsel Luncurkan Paket YouTube Premium  Plus Kuota Nonton 2 GB.

“Saya mengucapkan banyak terima kasih. Warga Desa Gendayakan juga sangat terbantu dengan adanya bantuan dan penyempumaan dar Djarum Foundation. Dari saya kecil tahun 80an sampai sekarang saya di usia 53 tahun ini, ya baru merasakan ada air bersih yang dapat diminum dan dimasak. Sekarang kami sudah nggak usah menadah air hujan lagi, nggak harus jalan jauh demi dapat ar bersih, yang kadang-kadang juga nggak selalu dapat dan pulang tanpa bawa air. Bahkan, begitu susahnya, dulu warga sering saling pinjam air ke tetangganya, bukan pinjam uang. karena air bersih ini memang sangat berharga untuk kami,” kata Surati. ***

Komentar