Dua Punggawa Timnas Garuda Jalani Wisuda Magister

Teras Malioboro News —   Dua orang  punggawa Timnas Garuda  yaitu  Rudolf Yanto Basna dan Yabez Rony  Malaifani pada Sabtu (2/9/2023 ) menjalani wisuda Magister Pendidikan Keolah Olahragaan di GOR UNY usai menyelesaikan studinya di kampus UNY.  Penyerahan ijazah keduanya dilakukan oleh Dekan FIK UNY.

Yanto Basna mengatakan,  dirinya merasa sangat gembira  ketika dirinya dapat menjalani wisuda  Magister di kampus UNY. Hal ini semakin mendekatkan cita-citanya untuk menjadi dosen   Ilmu Olah Raga di kampus tercinta.

” Kami merasa bersyukur kepada kampus UNY yang selama ini telah memberi kesempatan kepada kami  dan teman-teman untuk kuliah di kampus ini dan selanjutnya  kami akan melanjutkan ke jenjang S3. ” ujar Yanto Basna kepada sejumlah awak media usai wisuda.

Selanjutnya  Yanto mengatakan bahwa  dengan adanya wisuda ini dirinya merasa lega.  Sebab, dengan ilmu yang selama ini dimilikinya dirinya  nantinya dirinya  dapat berkontribusi terhadap bangsa dan negara melalui sektor  pendidikan.

Punggawa Timnas Garuda Yabez Rony saat menerima ijazah Magister Pendidikan di GOR UNY , Sabtu (2/9/2023).

Baca Juga : Mahasiswa UNY Rancang Balancing Bike Dari Serat Rami

Mengenai kendala studi, Yanto mengatakan bahwa  satu hal yang tak dapat dihindari adalah mengatur waktu antara sepak bola dan kuliah. Tetapi berkat adanya kebijakan kampus, kendala itu bisa diselesaikan.

” Tapi saya dengan Yabez sudah komitmen bahwa yang pertama,  ketika ada waktu kosong kami rutin ketemu dosen. Selain itu dosen juga membantu kami sehingga  kami dapat menyelesaikan tugas. ” tandas Yanto.

Yanto mentargetkan, untuk studi S3 ini akan ditemnpuh maksimal dalam waktu 3 tahun. Namun jika memungkinkan dirinya akan mengusahakan waktu  studi bisa selesai lebih cepat.    Hal itu dilakukan selain karena niatnya untuk segera  dapat mengabdi sebagai dosen juga  karena dirinya mengemban amanah dari keluarga agar tetap fokus pada studi yang sedang dijalani.

Pada periode ini, Universitas Negeri Yogyakarta melaksanakan wisuda program Doktor, Magister, Sarjana dan Sarjana Terapan periode Agustus di GOR UNY yang diikuti oleh 2.682 orang. Berbeda dengan  periode sebelumnya, kali ini wisuda digelar selama dua hari, Sabtu – Minggu (2-3/9/2023) di GOR UNY.

Baca Juga : 14 Mahasiswa PSPPI UNY Terima Gelar Insinyur

Wisuda periode ini diikuti oleh 2.682 orang dengan rincian 51 orang Program Doktor, 485 orang Program Magister, 1.947 orang Program Sarjana, dan 199 orang Program Sarjana Terapan. Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi sebanyak 568 orang, Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya sebanyak 421 orang, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam  sebanyak 411 orang, Fakultas Ilmu Sosial, Hukum, dan Ilmu Politik sebanyak 228 orang, Fakultas Teknik sebanyak 307 orang, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan sebanyak 280 orang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis sebanyak 228 orang, Fakultas Vokasi sebanyak 199 orang, dan Sekolah Pascasarjana sebanyak 40 orang.

Rektor UNY Prof. DR. Sumaryanto MKes AIFO menyampaikan,  setelah wisuda periode ini pada wisuda periode selanjutnya  UNY akan  melakukan wisuda para Sarjana dari Program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) yang terdiri dari para perangkat desa se Kabupaten  Bojonegoro.  Wisuda ini akan menjadi wisuda yang istimewa karena direncanakan akan dihadiri oleh Wapres Ma’ruf Amin dan Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar.

Selanjutnya Sumaryanto  berharap  para lulusan UNY dapat mendarmabaktikan ilmunya pada bangsa negara dan almamater. Diinformasikan juga bahwa bagi alumni UNY yang akan studi lanjut S2 maupun S3 bahwa UNY telah membuka kesempatan setahun dua kali untuk menjadi mahasiswa baru program tersebut, yaitu pada bulan Februari dan September agar masa tunggu tidak terlalu lama.  (*/SDs )

Komentar