FBSB  UNY  Yogyakarta  Persiapkan 5 Prodi Baru.

Headline1, Pendidikan189 Dilihat

Teras Malioboro News  –  Sehubungan dengan perubahan status UNY sebagai Perguruan Tinggi Berbadan Hukum (PTN BH ) , Fakultas Bahasa Seni dan Budaya  ( FBSB) UNY berencana membuka sejumlah  Program Studi baru.

Adapun beberapa program studi yang saat  ini sedang disiapkan antara lain  Program S3 Pendidikan Seni,  Program S3 Pendidikan Bahasa Inggris, Program S3 Bahasa dan Sastra Daerah , Program S-1 Desain Komunikasi Visual ( DKV) dan Vokasi Bahasa Mandarin.

Selain menambah sejumlah Prodi baru, FBSB UNY juga berencana mendirikan sejumlah unit usaha serta semakin intens dalam melakukan penjaringan mahasiswa Internasional.

Baca Juga : Sempat Cuti Kuliah , Kepala Dindikpora DIY  Akhirnya Jalani Wisuda S3 di UNY

Dekan FBSB  Prof.Dr.Sri Harti Widyastuti M Hum menyampaikan,  penambahan Prodi baru  dan pendirian sejumlah unit usaha  tersebut sesuai dengan amanah yang diemban UNY. Oleh karenanya , kebijakan tersebut tidak hanya dilakukan oleh FBSB saja tetapi juga Fakultas lain di UNY

“  Perubahan status dari universitas pendidikan menjadi edupreneur itu menuntut semuanya untuk berubah. Oleh karena itu,  semua paradigma harus kita balik. Kita memulai untuk memberdayakan semua potensi yang kita miliki. “ ujar Sri Harti kepada wartawan usai acara  Sarasehan dan Refleksi Dies Natalies FBSB ke-60 di Kampus Karang Malang, Senin (1/5/2023 ).

Ditambahkan Sri Harti,  perubahan status ini membuat semua unsur di FBSB berbenah, guna merealisasi sejumlah program yang telah disiapkan . Sebab, sebagai sebuah lembaga edupreneur, kampus sekarang  ini dituntut untuk membangun kebijakan yang dapat  memberikan  incomen generatif seperti membangun Sekolah Laboratorium , melakukan pendampingan rintisan desa budaya serta kegiatan lainnya.

Baca Juga :Mahasiswa UNY Olah Sukun Jadi Cesupa Cake. Begini Cara Membuatnya..

Ketua Senat Akademik Prof Dr. Suminto A Sayuti ( kiri )

Lebih dari itu,  kedepan FBSB juga berencana untuk menambah sejumlah program studi baru  seperti :  Mengenai kurikulum  pendidikan, FBSB mengacu kepada  Kurikulum  Merdekan Belajar Kampus Merdeka ( MBKM )  sesuai arahan pemerintah.  Kurikulum ini dinilai sangat tepat karena memberikan ruang yang besar  bagi kampus yang menerapkan edupreneur tersebut.

Sementara itu, Ketua Senat Akademik FBSB UNY Prof.Dr.Suminto A Sayuti menambahkan,  perubahan status PTN BH harus diikuti dengan kerjasama antar program studi. Masing-masing  pimpinan  program studi hendaknya menghilangkan ego sektoral  dan bergandeng tangan  demi tercapainya  cita-cita bersama. Hal ini perlu dilakukan agar FBSB unggul dibandingkan Fakultas lain di UNY.

“ Tapi unggul itu  bukan “ ngungkul-ungkuli “ ( merendahkan yang lain-red ).  Ini penting sekali.  Ketika para dosen itu harus menjadi Doktor, harus menjadi profesor itu tidak kemudian merasa diri  lebih unggul.  Ini roh budaya kita yang harus selalu dipegang. “ ujar Suminto.  (*/Sulist Ds )

Komentar