Gelar Sholat Idul Adha

Urgensi Ikhlas dan Berkurban

Berita, Headline163 Dilihat

Teras Malioboro News – Ratusan warga perumahan Purwomartani dan sekitarnya memenuhi lapangan SD Purwomartani untuk melaksanakan Sholat Idul Adha, Rabu (28/6/2023). Baik anak-anak, remaja, orang tua, bahkan lansia.

Sholat Idul Adha dimulai jam. 06.30 tepat. Dipimpin oleh Ustadz H. Garin Hidayat, selaku imam. Sedangkan Khutbah Idul Adha disampaikan oleh Prof.Dr.H.Sugeng Sugiyono, MA.

Dalam khutbahnya, Prof.Dr.H.Sugeng Sugiyono, MA menyampaikan pentingnya keihklasan dalam beribadah maupun hidup berbangsa dan bernegara. Ikhlas dan semangat pengorbanan adalah penawar sekaligus kunci dalam menjawab persoalan umat, bangsa, maupun dinamika global.

Baca Juga : Makna Idul Adha

Prof.Dr.H.Sugeng Sugiyono, MA juga mengingatkan tugas besar kita menapaki jalan mendaki dan berat. Jalan mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi umat dan bangsa. Bukti ketaatan dan ketaqwaan terhadap Allah. Hal ini sebagaimana dimuat dalam Al Quran, surah Al Balad ayat 12 sampai 16.

“Dan tahukah kamu apakah jalan yang mendaki dan sukar itu? Yaitu melepaskan perbudakan, atau memberi makanan pada hari terjadi kelaparan, kepada anak yatim yang ada hubungan kerabat, atau orang miskin yang sangat fakir.” (QS. Al Balad : 12 – 16)

Para tokoh dan sesepuh, foto bersama setelah pelaksanaan sholat Idul Adha.

Sementara itu, salah seorang pengurus Takmir Masjid Al Mujahidin Purwomartani yang kami temui di sela-sela pelaksanaan Sholat Idul Adha menjelaskan bahwa masjid-masjid di Perumahan Purwomartani memfasilitasi jamaah yang merayakan Idul Adha hari Rabu 28 Juni maupun hari Kamis 29 Juni.

“Pelaksanaan Sholat Idul Adha pada hari Rabu 28 Juni dipimpin oleh Ustadz H.Garin Hidayat selaku imam dan Prof.Dr.H.Sugeng Sugiyono, MA sebagai Khotib. Sedangkan untuk Kamis 29 Juni, akan dipimpin oleh Ustadz Muhammad Badrodin selaku imam sekaligus Khotib,” tambahnya memaparkan lebih rinci.

“Di samping itu, kami juga baru melaksanakan penyembelihan hewan kurban pada hari Kamis. Hal ini merupakan bentuk toleransi dan menjaga kebersamaan serta persatuan,” pungkasnya.***

Komentar