Gerhana Matahari Sebagian Melintas Di Yogyakarta

Taman Pintar Yogyakarta Fasilitasi Teleskop

Berita, Headline178 Dilihat

Teras Malioboro News  — Taman Pintar Yogyakarta menyediakan sejumlah teleskop bagi masyarakat yang ingin menyaksikan fenomena alam Gerhana Matahari Sebagian yang akan melintasi Yogyakarta pada 20 April 2023 ini.  Peristiwa  alam ini disebuit sebagai fenomena langka yang jarang terjadi.

Lukman selaku Analis Rencana Program dan Kegiatan Taman Pintar menuturkan, tahun ini wilayah Yogyakarta ,  merupakan daerah yang paling awal memulai  Gerhana Matahari Sebagian (GMS) , sedangkan Medan akan menjadi ibu kota provinsi yang paling awal mengakhiri GMS.

Gerhana Matahari Sebagian di Yogyakarta , diperkirakan mulai terjadi pada pukul 09.26 WIB yang mencapai puncaknya pukul 10.48 WIB dan selesai pada 12.16 WIB.

”  Gerhana Matahari  merupakan peristiwa terhalangnya cahaya Matahari oleh Bulan sehingga tidak semuanya sampai ke bumi sebagai satu akibat dinamisnya pergerakan posisi Matahari, Bumi, dan Bulan. Tahun ini, gerhana yang akan terjadi adalah tipe Gerhana Matahari Hibrida (GMH) . Disebut demikian karena  tipe gerhana yang terjadi merupakan gabungan dari Gerhana Matahari Total (GMT) dan Gerhana Matahari Cincin (GMC). Namun,  masing-masing tempat hanya bisa menyaksikan satu jenis gerhana.” ujar Lukman dalam rilis media yang diterima redaksi Selasa (18/4/2023).

Baca Juga : 12 Jenis Mamalia Ini Masih Lestari Di Hutan Merapi

Selanjutnya Lukman menyampaikan,  untuk wilayah Indonesia  tahun ini yang  mendapatkan kesempatan untuk menyaksikan GMT adalah wilayah Indonesia bagian Timur seperti Provinsi Maluku, Provinsi Papua Barat, dan Provinsi Papua. Sedangkan, beberapa daerah lain hanya dapat menyaksikan Gerhana Matahari Sebagian (GMS).

Meski demikian, bagi masyarakat Yogyakarta yang ingin menyaksikan fenomena alam yang cukup langka tersebut, Taman Pintar bekerjasama dengan komunitas astronomi Penjelajah Langit  akan memberikan fasilitas berupa teleskop yang bisa dipakai untuk melihat fenomena gerhana di Taman Pintar Yogyakarta.

Baca Juga : Tanggap Darurat Iklim Berubah-ubah

Melalui kegiatan “Jogja Melihat Gerhana”, masyarakat dapat menyaksikan gerhana secara aman  di area Playground Taman Pintar. Mengingat pengamatan gerhana matahari ini membutuhkan pendampingan dan alat khusus, masyarakat akan didampingi relawan dari komunitas dan dari Taman Pintar Yogyakarta.

“ Melalui kegiatan ini, masyarakat dapat memanfaatkannya sebagai bentuk edukasi tentang fenomena alam sebagai bagian dari literasi sains. “ ujar Lukman.

Lukman berharap kegiatan ini dapat meningkatkan minat masyarakat terutama generasi muda untuk menyelami dan mengembangkan sains di bidang astronomi. (*/SDs )

Komentar