Global Immersion Program, dari SMP Islam Al Azhar 26 Yogyakarta untuk Dunia

Headline1, Pendidikan134 Dilihat

Teras Malioboro News – Global Immersion Program antara Northern Illinois University (NIU) dan Al Azhar Yogyakarta World School (AYWS) resmi berakhir pada Jumat (2 Agustus 2024). Program ini juga menandai berakhirnya kerjasama internasional antara NIU dan SMP Islam Al Azhar 26 Yogyakarta sebagai salah satu mitra sekolah dalam program tersebut.

Global Immersion Program dilaksanakan selama tiga minggu berturut-turut mulai 15 Juli 2024. SMP Islam Al Azhar 26 Yogyakarta memanfaatkan kesempatan ini untuk belajar, bertukar wawasan, dan mempelajari budaya baru melalui berbagai kegiatan.

Tiga program inti yang dilaksanakan meliputi Co-Teaching, Creative Writing Club, dan Studium Generale. Program Co-Teaching melibatkan dua guru dari NIU, Ms. Angelina yang mengajar bahasa Inggris dan Ms. Lydia yang mengajar matematika. Kedua guru ini bekerja sama dengan guru pendamping SMP Islam Al Azhar 26 Yogyakarta untuk merancang kegiatan pembelajaran bagi murid kelas 8 bilingual. Pembelajaran berpusat pada murid dengan aktivitas interaktif dan menyenangkan, termasuk Dialogue Journal, di mana guru memberikan pertanyaan yang dijawab murid di buku jurnal dan kemudian ditanggapi dengan pertanyaan lanjutan, sehingga menciptakan koneksi yang kuat antara guru dan murid.

SDIA 59 Wonosari – LAZ Al Azhar Yogyakarta Salurkan Zakat, Infaq, dan Sedekah untuk Kaum Duafa di Gunungkidul

Program kedua adalah Creative Writing Club, yang diadakan dua kali seminggu pada hari Selasa dan Kamis, khusus untuk murid kelas 7 dan 8 yang tertarik menulis kreatif. Salah satu yang dipelajari di klub ini adalah puisi Jepang, Haiku, yang terdiri dari tiga baris dengan lima, tujuh, dan lima suku kata. Murid-murid berhasil menulis Haiku yang indah, kreatif, dan berima.

Program terakhir, Studium Generale, berlangsung pada 26 Juli 2024 dengan sesi untuk murid dan guru yang dipandu oleh Professor James Cohen dari NIU. Pada pagi hari, Professor Cohen membahas tema “Global Perspective and Cross-Culture” untuk murid, mengajarkan pentingnya memahami budaya untuk mengenal diri sendiri dan orang lain, serta berbagi pengalamannya dari berbagai negara.

Siang harinya, Professor Cohen memberikan materi kepada guru dengan tema “8 Principles of Speaking or Listening in the EFL Classroom,” menekankan pentingnya pengalaman langsung dalam pengajaran dan perhatian terhadap murid. Ia mengakhiri sesi dengan kutipan, “It doesn’t matter if you think you care about your students, what matters is your students think you care about them.”

SDIA 59 Wonosari – LAZ Al Azhar Yogyakarta Salurkan Zakat, Infaq, dan Sedekah untuk Kaum Duafa di Gunungkidul

Kepala Sekolah SMP Islam Al Azhar 26 Yogyakarta, Fajar Arif Herjayanto MPd, mengatakan kunjungan mahasiswa luar negeri dari NIU ke SMP Islam Al Azhar 26 Yogyakarta telah memberikan guru dan murid wawasan yang sangat berharga mengenai keberagaman budaya dan pendekatan pendidikan di berbagai negara khususnya Amerika Serikat.

“Kami merasa sangat terhormat dapat berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan Profesor dan Mahasiswa dari NIU,” ujar Fajar.

Ia juga berharap kerjasama ini dapat terus terjalin dan memberikan manfaat positif bagi kedua belah pihak dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan global khususnya AL Azhar Yogyakarta. ***