Hima Wirya AKN SB Yogyakarta Gelar Home Concert Astraguna

Teras Malioboro News —   Sebagai upaya menumbuh kembangkan bakat seni sejak dini, Himawirya AKN Seni Budaya  Sabtu (16/12/2023) menyelenggarakan Pagelaran  “ Home Concert Astraguna “  di Pendhapa Bale Widya Budaya Kompleks Kampus  AKN  Seni Budaya Yogyakarta, Jl Parangtritis, Km 4,6, Panggungharjo, Sewon, Bantul.

Kegiatan ini diawali dengan Lomba Mewarnai Wayang  Kulit yang diikuti  oleh para pelajar SD se Kabupaten Bantul dan dimeriahkan dengan pementasan wayang kulit  “ Jabang Tetuko “  yang dilakonkan oleh mahasiswa Prodi Seni Kriya.

Hima Wirya merupakan himpunan mahasiswa Akademi Komunitas Negeri Seni dan Budaya Yogyakarta yang secara rutin melakukan pementasan seni sebagai unit kegiatan mahasiswa dari tiga program studi yang ada.

Pementasan yang berkonsep Home Consert Astraguna ini diadakan setiap 35 hari sekali atau selapanan di pendapa Bale Widya Budaya komplek kampus AKN Seni Budaya Yogyakarta,

Lomba mewarnai wayang kulit tokoh dewi Kunthi yang diikuti oleh siswa-siswi SD menjadi pembuka acara pagelaran Home Consert Astraguna di pagi hari. Sabtu, (16/12/2023) lalu..

Direktur AKN Dr.Supadma MHum

Baca Juga : Anjungan AKN Seni Budaya Yogya Menarik Perhatian Jokowi

Selanjutnya di sore hari masyarakat sekitar kampus dapat menikmati pementasan wayang kulit purwa oleh dalang   Singgih Catur Angga yang merupakan mahasiswa Prodi Seni Kriya. Pada kesempatan tersebut Singgih membawakan lakon Jabang Tetuko dengan sangat luwes dan menarik.

Singgih menjelaskan , alasan mengangkat cerita Jabang Tetuko  adalah guna menyambut peringatan Hari Ibu. Sebab, lakon ini penuh makna , pesan dan filosofi sehingga penonton diharapkan dapat menghargai jasa seorang ibu.

“Lakon ini mengisahkan , saat Gathotkaca masih bayi, sang ibu Dewi Arimbi bersikeras untuk mengasuh sendiri bayinya, sebelum bayi Gatot kaca diminta ke kahyangan melalui utusan Narada. Gambaran cerita diatas adalah betapa besarnya kasih sayang seorang ibu terhadap anak anaknya. Dengan mengambil lakon Jabang Tetuko ini, kita sebagai anak diingatkan bahwa pada 22 Desember bertepatan hari ibu,” ungkap Singgih.

Disamping pagelaran wayang, pada kesempatan ini juga diumumkan para pemenang lomba mewarnai. Adapun  para  juara dari Lomba tersebut adalah : Juara Pertama  diraih oleh Refli Vandeca Aswandana asal SD Bhayangkara dengan perolehan total nilai 275. Juara kedua adalah Nanda Shafa asal SDN Derayu dengan memperoleh nilai 260 dan sebagai juara ketiga adalah Bagus Putra Tama asal SDK Totogan dengan nilai245.

Kemudian, pada malam harinya seluruh civitas akademika AKN Senbud Yk berserta masyarakat sekitar berkumpul bersama menyaksikan pertunjukan seni tari Angguk dan Reog Kerakyatan yang dimainkan oleh para mahasiswa Prodi Seni Tari.

Baca Juga : AKN SB Yogya Wisuda 57 Orang Mahasiswa Program D1

Sementara itu, Ketua Hima Wirya angkatan X, Ahmad Fauzan mengatakan ,  pementasan ini merupakan kerja bareng seluruh mahasiswa dengan dibantu oleh staff dan dosen. “Jadi sukses acara ini adalah kesuksesan seluruh civitas akademika AKN Senbud Yk,” terang Fauzan.

Sedangkan,  Direktur AKN Seni dan Budaya Yogyakarta Dr. Supadma, M.Hum. menyampaikan  Kegiatan Hima Wirya tersebut merupakan pengakhir dari kegiatan mahasiswa di tahun 2023. Untuk itu, pihaknya  mengapresiasi kerja keras para mahasiswa alam mewujudkan seluruh rangkaian acara hingga suksesnya Home Concert Astraguna ini.

Selanjutnya  Supadma berharap,  kegiatan ini menjadi pintu pembuka untuk kegiatan yang lebih sukses di tahun 2024 mendatang. (*/SDs )

Komentar