IFI DIY Gelar Baksos dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Headline2, Jogja Raya109 Dilihat

Teras Malioboro News —    Ikatan Fisioterapi Indonesia (IFI) provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)  didukung oleh Dinas Kesehatan  Provinsi DIY menggelar Bakti Sosial dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis kepada masyarakat pada Minggu (9/7/2023) di Alun-Alun Selatan Yogyakarta  . Kegiatan tersebut  merupakan rangkaian kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun Fisioterapi Indonesia ke 55 .

Acara meliputi screening gratis yang berkaitan dengan gerak dan fungsi tubuh yaitu keseimbangan tubuh, fleksibilitas atau kelenturan otot, konsultasi kesehatan, dan pelayanan pemeriksaan tumbuh kembang anak.

Ketua IFI DIY, Sumargiono SST.FT,SH menuturkan acara bakti sosial tersebut merupakan pengabdian pada masyarakat. “Kami ingin memberi kontribusi pelayanan kesehatan langsung kepada masyarakat.

Dalam hal ini kami lebih ke pemeriksaan meski ada tindakan juga. Dengan adanya screening dan konsultasi memberi fasilitas dapat mempermudah masyarakat dalam menindaklanjuti pemeriksaan berikutnya,”tutur Sumargiyono.

Baca Juga AXA Mandiri Kenalkan Tes Kalkulator Kesehatan Jantung

Animo masyarakat terhadap bakti sosial IFI DIY  ini sangat tinggi. Hal itu terlihat  dari  banyaknya peserta yang mengikuti kegiatan ini. Bahkan,  pengunjung dari berbagai usia langsung memadati stand guna mendapat pemeriksaan.

”Kami menyiapkan 100 lembar untuk pasien screening dan ternyata masih kurang. Semoga tahun berikutnya bisa mengadakan acara serupa dengan target yang lebih besar,”tambah Sumargiono.

Sumargiyono mengungkapkan,  IFI di Yogyakarta  saat ini memiliki 450 anggota. Setiap bulan ada pelatihan internal yang diikuti anggota dalam meningkatlan kompetensi. Sumargiyono sendiri mengampu profesi sebagai fisioterapis dan juga anggota POLRI.

”Kebetulan saya juga anggota POLRI aktif dan mengajar di sekolah polisi negara di Selopamioro,” paparnya.

Sementara itu,  Aprizal (40)  yang merupakan  salah satu pasien  fisioterapi  menyatakan sangat support dengan diadakannya acara tersebut. Ia pun berharap agar acara serupa dapat digelar secara rutin.

“Event ini sangat membantu masyarakat untuk lebih sadar kesehatan,”ucap Apri.  (*/SDs )

Komentar