Ini Pesan GKR Mangkubumi Untuk Para Mahasiswa Baru UNY

Headline1, Pendidikan212 Dilihat

Teras  Malioboro News —    Penghageng Kawedanan Hageng Punakawan Parwabudaya Kraton Yogyakarta , GKR Mangkubumi   mengajak para mahasiswa baru yang saat ini sedang menempuh pendidikan di Yogyakarta   secara Bersama-sama menjaga dan melestarikan budaya daerah terutama budaya  DIY agar tetap istimewa.  Sebab, kita punya mimpi besar menjadikan  DIY dapat menjadi  world heritage  .

“ Bulan Oktober nanti kita diundang Unesco , yang sidangnya ada di Kota Riyadh  Timur Tengah  akan menetapkan  dan memberi pengakuan terhadap DIY  untuk Kawasan  Sumbu Filosofi. “ ujar Mangkubumi dalam  kegiatan Kuliah Umum Perdana Mahasiswa Baru UNY yang berlangsung di GOR UNY, Kampus Karang Malang  Yogyakarta pada Senin (7/8/2023 ).

Baca Juga : PSM Swara Wadhana UNY Sabet Prestasi Grand Prix Winner di Singapura

Sehubungan dengan hal tersebyt Mangkubumi meminta kepada para mahasiswa baru UNY untuk mengenal daerah-daerah dan kawasan heritage yang ada di DIY serta belajar untuk berbaur dengan masyarakat Yogyakarta  serta mahasiswa lainnya.

“ Berbaurlah dengan tetangga, mahasiswa lain dan tidak menjadi komunitas yang ekslusif. “ ujar  putri sulung  Gubernur DIY Sri Sultan HB X  tersebut.

Ditegaskan Mangkubumi, Yogyakarta selama ini telah dikenal sebagai Mini Indonesia, karena semua  masyarakat dari berbagai suku bangsa dan budaya masyarakat  ada ditempat ini. Banyak warga daerah lain yang sekolah n tidak lagi pulang ke daerah masing-masing karena melanjutkan kerja di  Jogja.

Rektor UNY Prof.DR.Maryanto MKes AIFO menyerahkan cindera mata kepada GKR Mangkubumi dalam kegiatan kuliah umum perdana mahasiswa baru UNY, Senin (7/8/2023)

Baca Juga : MPI UNY Luncurkan Logo Baru

“ Bagi yang sudah selesai sekolah di Jogja, bangunlah  kawasan tempat tinggal  kalian masing-masing. Karena sudah dikirim orang tua untuk kuliah di Jogja, kalau tidak membangun daerah masing-masing ya sangat disayangkan, karena kita ingin semua wilayah di Indonesia ini  terjadi pemerataan  ekonomi  sehingga semua wilayah Indonesia menjadi  berkembang  “ tegas Mangkubumi.

Sementara itu,  Jelita Putri – salah satu mahasiswa baru UNY mengatakan ,  dirinya sangat senang dapat diterima sebagai mahasiswa UNY. Sebab, karena salah satu cita-citanya  adalah menjadi seorang pendidik. Untuk itu,  melalui kampus ini dia yakin dapat  mencapai cita-citanya tersebut.  Jelita diterima di program studi Pendidikan IPA FMIPA dan setelah lulus akan meneruskan pengabdikannya sebagai guru.

“  Menjadi guru itu sangat mulia, karena  guru bertugas untuk mendidik generasi bangsa.  Untuk itulah saya ingin jadi guru. ” ujar Jelita.

Baca Juga : Mahasiswa FT UNY Raih Medali Emas WSC ASEAN 2023

Selanjutnya Jelita menyampaikan, dirinya sangat kagum dengan para mahasiswa UNY yang pintar menari. Untuk itu, nantinya dia juga akan mengikuti UKM Seni tari, karena dirinya juga  hobby menari.

Sementara itu,  mahasiswa UNY Salma Nuranisa  yang diterima lewat jalur SNBP di UNY menambahkan bahwa UNY merupakan kampus pendidikan terbaik” .

Untuk itulah dirinya mendaftarkan diri sebagaiu mahasiswa UNY. Sebab UNY merupakan pengembangan dari kampus IKIP Yogyakarta yang telah terkenal sebagai kampus pendidikan yang melahirkan para guru-guru  yang berkualitas.

” Banyak guru berprestasi dan berbakat lahir di kampus ini. Untuk itu saya mendaftar di kampus ini ” kata  Salma.  (*/Sulist Ds )

Komentar