Jelang Tahun Baru, Malioboro Dibebaskan  Dari Lalu Lintas Kendaraan Bermotor

Headline1, Jogja Raya141 Dilihat

Teras Malioboro News – Jelang Malam pergantian tahun baru 2024 di Kawasan Malioboro diberlakukan car free night . Malioboro dibebaskan dari kendaraan bermotor mulai pukul 18.00 WIB sampai dengan 01.00 WIB.

Sehubungan dengan hal tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta bersama Polresta Yogyakarta dan Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta beserta pihak lainnya telah menyiapkan sejumlah rekayasa lalu lintas. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan volume kendaraan selama libur akhir tahun 2023.

Kepala Satlantas Polresta Yogyakarta AKP Maryanto memperkirakan kepadatan lalu lintas saat akhir tahun ini  terjadi di sekitar kawasan Tugu, Malioboro dan Keraton (Gumaton) khususnya di Jalan Jendral Sudirman, Jalan Margo Utomo, Jalan Abu Bakar Ali, Jalan Malioboro dan Jalan Pasar Kembang.

Untuk mengantisipasi kemacetan tersebut, pihaknya sudah melaksanakan perencanaan rekayasa lalu lintas. “Hal ini kita lakukan semata-mata untuk membuat nyaman pengendara untuk sampai di tujuan dan tidak terjadi kepadatan lalu lintas  di titik titik tertentu,”jelas AKP Maryanto

Baca Juga : Tertib Berlalu Lintas Perlu Diedukasi Sejak Dini

Untuk rekayasa lalu lintas di seputaran tugu nantinya akan dilaksanakan buka tutup jalan yang ada di simpang Terban, simpang Jetis dan simpang Pingit. Jika masyarakat sudah memenuhi di sekitar Tugu Pal Putih maka di titik-titik tersebut akan dilaksanakan rekayasa lalu lintas berupa pengalihan jalan.

“Untuk di kawasan Malioboro itu sendiri, kita akan melaksanakan pengalihan di Teteg Malioboro menuju ke arah Titik Nol. Kita juga akan melaksanakan Car Free Night. Sehingga diharapkan dapat memberikan kenyamanan bagi wisata yang akan menikmati pergantian malam tahun baru,”ungkapnya.

Tak hanya itu, untuk menjamin kenyamanan berwisata ke Kota Yogyakarta juga dilakukan pengalihan lalu lintas dari arah timur di simpang Gondomanan, barat di simpang Ngabean dan di simpang PKU serta arah dari selatan di simpang Pangurakan yang nantinya kendaraan akan dialihkan ke sisi barat dan timur untuk mengurangi kemacetan.

Baca juga : Sambut Wisatawan ke Kota Yogyakarta, 17 Lokasi Parkir Disiapkan

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Agus Arif Nugroho mengungkapkan, akan terus mengoptimalkan personil yang ada di lapangan untuk kelancaran dan keamanan semasa libur tahun baru.

Pihaknya juga menyebutkan, kendaraan yang masuk di wilayah Kota Yogyakarta mencapai 124 ribu per harinya. Ia menambahkan, sejak tanggal 23-25 Desember 2023, pengendara yang masuk ke Kota Yogyakarta juga mengalami kenaikan sebanyak 20 persen.

Untuk itu, pihaknya akan memaksimalkan pemantauan dari cctv baik dari CCTV ATS maupun CCTV Diskominfosan Kota Yogyakarta untuk kelancaran lalu lintas yang tersebar 32 titik cctv di 38 simpang yang ada di Kota Yogyakarta. (*/SDs )

 

Komentar