Kawasan  Wisata Gardu Pandang Kaliurang, Ditutup Sebagian

Sampai Oktober

Headline1, Wisata100 Dilihat

Teras Malioboro News —  Paling lambat sampai Oktiber 2024 Kawasan Gardu Pandang Kaliurang yang berlokasi disisi bagian Barat Kaliurang akan dibangun wahana baru yang berupa Plaza Pengunjung Gardu Pandang Kaliurang. Plaza Pengunjung ini berupa ruang publik terbuka yang terbagi atas 4 (empat) zona yang nantinya akan menjadi daya tarik tambahan di Kawasan Gardu Pandang Kaliurang.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman yang didampingi oleh Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wasita, SS, M.AP, Kamis 13 Juni 2024 dikantornya Jl. KRT Pringgodiningrat No.13 Tridadi Sleman.

Menurutnya,  pembangunan Plaza Pengunjung yang berasal dari program Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar 2,5 milyar dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada tahun ini membutuhkan waktu selama 120 hari.

Selama pengerjaan Plaza Pengunjung tersebut wisatawan yang berkunjung ke Kawasan Gardu Pandang Kaliurang tentu sedikit banyak terganggu dan merasa kurang nyaman.

” Kawasan Gardu Pandang  tidak  ditutup total selama masa pengerjaan, akan tetapi hanya menutup secara terbatas. Sehingga dalam kondisi demikian wisatawan masih bias masuk ke kawasan serta menikmati pemandangan dan berbagai fasilitas publik yang ada.” ujar Ishadi dalam rilis media yang diterima redaksi  Kamis (13/6/2024) malam.

Baca Juga : Banyuwangi Berguru  Pengelolaan Desa Wisata ke Dinpar  Sleman

Ditambahkan Ishadi,  upaya tersebut dilakukan mengingat kawasan Gardu Pandang dinilai cukup luas dan masih memungkinkan untuk dikunjungi, khususnya dikawasan sisi selatan yang juga berupa taman-taman dengan pemandangan yang cukup bagus, sehingga masih ada beberapa  wilayah yang  bisa dikunjungi.

Saat ini  Dinas Pariwisata Sleman juga telah mengadakan sosialisasi terkait dengan proyek pembangunan Plaza Pengunjung Gardu Pandang tersebut pada Kamis 13 Juni 2024 di Gardu Pandang Kaliurang yang melibatkan Tim Perencana, Pelaksana dan Pengawas, Pemerintah Kalurahan Hargobinangun, SAR Kaliurang, Pospol Kaliurang. Dukuh Kaliurang Timur, Dukuh Kaliurang Barat, Dukuh Ngipiksari, tokoh-tokoh masyarakat dan perwakilan pedagang di kawasan Gardu Pandang Kaliurang.

Baca Juga : Pengelola Desa Wisata  di Sleman Perlu  Kuatkan Sinergitas

Ishadi berharap seusai pengerjaan Plaza Pengunjung tersebut sekitar bulan Oktober 2024 mendatang kawasan Gardu Pandang Kaliurang sudah dapat dibuka kembali secara penuh untuk dikunjungi wisatawan. Diharapkan dengan adanya penambahan fasilitas Plaza Pengunjung tersebut justru akan lebih ramai dan lebih banyak lagi pengunjung atau wisatawan yang berdatangan, dikarenakan akan lebih banyak lagi alternatif sarana publik yang bisa dinikmati oleh wisatawan.. (*/Sulist Ds )

 

Komentar