Kerajinan Rayya Stories Tembus Pasar Manca Negara

Usung Konsep Ramah Lingkungan

Headline1, Info UMKM157 Dilihat

YOGYAKARTA — Sebagai kota wisata, Yogyakarta memiliki banyak potensi kerajinan. Salah satunya adalah kerajinan dengan bahan baku kulit hewan. Dari sederetan produsen perajin kulit, Rayya Stories (RS) merupakan salah satu produsen kerajinan kulit yang sangat peduli dengan lingkungan. Sebab, RS meminimalisasi penggunaan bahan kimia agar limbah yang dihasilkan tidak mencemari lingkungan sekitarnya.

RS memproduksi tas,dompet serta barang kerajinan lainnya. Barang-barang tersebut dipasarkan ke manca negara seperti Amerika,Belanda dan Pakistan.

Ownwer Rayya Stories Muhammad Lutfi Irwanto menjelaskan, dalam menjalankan produksine RS mengambil bahan baku kulit sapi yang diambil langsung dari rumah potong hewan maupun peternak sapi lokal. Kemudian pada proses penyamakan kulit , industri ini juga mempertimbangkan keamanan lingkungan terhadap limbah yang telah disterilkan.

“Pembuatan kulit kami mempunyai resiko polusi rendah, tidak ada limbah dan tidak mencemari lingkungan,” jelas Lutfi Jumat (20/1/2023 lalu.

Baca Juga :  Kabar Gembira ! Astra Credit Companies Buka Lowongan Ribuan Tenaga Kerja

Ditambahkan Lutfi, salah satu keunggulan produk kerajinan RS dibanding lainnya adalah  kerajinan banyak melibatkan tenaga kerja. Penjahitan dilakukan melalui proses jahit tangan  sehingga kerajinan yang dibuat lebih kuat dibandingkan jahit mesin. Oleh karena itu, produk RS seperti tas maupun dompet tidak mudah rusak, karena jahitannya tidak mudah lepas. Sementara itu, dari sisi estetika, produk handmade tersebut juga lebih rapi.
Adapun untuk jenis kulit yang dipakai merupakan bahan kulit sapi pull up dimana jenis ini kulitnya lembut dan mudah perawatannya dan tidak berjamur.

” Kami juga memberikan servis perbaikan jika produk mengalami kerusakan. Bahkan setiap produk RS kami beri garansi kerusakan selama lima tahun. Jadi, konsumen tidak perlu membayar biaya perbaikan. Kecuali jika domisili kmonsumen ada diluar kota, mereka hanya perlu membayar ongkos kirim saja. ” ujarnya.

Baca Juga : Langgoso Aswin Putra, Pemasok Hewan Kebun Binatang di Indonesia

Didukung oleh kualitas bahan dan layanan yang baik, lanjut Lutfi, selama tahun 2022 produk RS yang terjual mencapai 3.000 unit dengan penjualan hingga Rp 600 juta. Pesanan tidak hanya secara offline tetapi banyak juga konsumen yang melakukan pemesanan melalui medsos.

Rata-rata harganya cukup terjangkau dan kualitasnya tidak perlu diragukan lagi, mulai dari Rp 200.000 hingga Rp 2,5 juta. Bisa juga kunjungi halaman instagram di @rayyastories_leather, bisa langsung ke showroomnya di Gang Rahmat No. 1681, Desa Gedongkiwo, Mantrijeron Kemantren Yogyakarta. (*)

Komentar