Lestarikan Seni Pakeliran, UNY Gelar Festival Dalang Cilik 2023.

Headline2, Pendidikan148 Dilihat

Teras Malioboro News —   Fakultas Bahasa Seni dan Budaya Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menggelar Festival Dalang Cilik (FDC) 2023 dalam rangka dies natalis ke-59 UNY. Acara ini berlangsung mulai Senin hingga Jumat (15-19/5/2023 ) di Pendopo Tejokusumo FBSB UNY.

Festival ini diikuti oleh 30 peserta yang  terdiri dari 15 peserta usia SMP dan 15 peserta usia SD. Tujuan kegiatan ini untuk mendidik anak untuk mencintai kebudayaannya sendiri, khususnya wayang kulit, serta menanamkan nilai-nilai edukasi pada generasi muda.

Selain itu, festival ini juga bertujuan untuk menguasai unsur-unsur dalam pewayangan agar anak semakin cerdas dalam meniti tataran kedewasaannya menuju manusia yang berjiwa mulia.

Baca Juga : FBSB  UNY  Yogyakarta  Persiapkan 5 Prodi Baru.

Adapun Juri dalam festival ini adalah Prof. Suminto A. Sayuti dari Fakultas Bahasa dan Seni UNY, Udreka, M.Sn dari ISI Yogyakarta serta Blasius Subono, M.Sn alumni dosen ISI Surakarta. Dalam festival ini ada 6 kriteria yang dinilai yaitu pemilihan lakon, antawacana, cerita, sabetan, iringan dan penyajian.

Dalam kompetisi tersebut, terdapat beberapa kriteria penilaian yang harus dipenuhi oleh para peserta, yaitu pemilihan lakon, antawacana, cerita, sabetan, iringan, dan penyajian. Juri dalam festival ini terdiri dari tiga orang yang terdiri dari Prof. Suminto A. Sayuti dari Fakultas Bahasa dan Seni UNY, Udreka, M.Sn dari ISI Yogyakarta, serta Blasius Subono, M.Sn, alumni dosen ISI Surakarta.

Menurut Ketua Panitia Sukisno, M.Sn, tujuan dari Festival Dalang Cilik adalah untuk mendidik anak-anak agar mencintai kebudayaan mereka sendiri, khususnyai wayang kulit, dan menanamkan nilai-nilai edukasi pada generasi muda. Selain itu, Festival Dalang Cilik juga bertujuan untuk menguasai unsur-unsur dalam pewayangan agar anak-anak semakin cerdas dalam meniti tataran kedewasaan mereka menuju manusia yang berjiwa mulia.

” Wayang merupakan kesenian tradisional yang harus  dilestarikan sejak dini. Dan Festival ini merupakan salah satu upaya pelestarian tersebut. ” ujar Sukisno kepada wartawan disela-sela kegiatan .

Baca Juga : Mahasiswa UNY Olah Gedebog Pisang Jadi Keripik Lezat

Sementara itu, Rektor UNY Prof. Sumaryanto mengatakan bahwa Festival Dalang Cilik merupakan bagian dari tanda cinta UNY yang diharapkan dapat memberikan teladan bagi kita semua dalam memelihara budaya luhur milik bangsa sekaligus melaksanakan arahan Ngarso Dalem Gubernur DIY yaitu 4K (Kraton, Kampus, Kantor,i Kampung). Rektor juga memberikan arahan agar terus memantau perkembangan studi para dalang cilik yang ikut festival, karena UNY akan memfasilitasi talenta-talenta yang hebat ini untuk studi lanjut.

“Tidak harus kuliah di departemen pendidikan Bahasa Jawa, namun bisa di departemen lain, misalnya di Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan,” kata  Sumaryanto.

Salah satu peserta bernama Daneswara Satya Swandaru dari Klaten menampilkan lakon ‘Mahayodha Abimanyu’. Ia adalah seorang dalang cilik yang berasal dari siswa kelas 5 SD Kanisius 2 Wonosari dan sudah sejak lama tertarik dengan dunia wayang. Di bawah bimbingan sanggar Pengalasan Wiladeg pimpinan Slamet Haryadi, warga Nogosari Bandung Playen Gunungkidul itu menekuni kesenian tradisional ini. (*)

Komentar