Makin Dibutuhkan, Ini Strategi Menguasai HPC Ala Widya Analytic   

TerasMalioboroNews.com–Kehadiran komputasi berperforma tinggi saat ini memberi banyak manfaat dalam berbagai bidang. Teknologi ini merupakan langkah untuk menyelesaikan pekerjaan yang membutuhkan performa komputasi secara besar-besaran dengan efisien, reliable, dan cepat. Komputasi berperforma tinggi atau biasa disebut dengan High Performance Computing (HPC), adalah proses optimasi performa komputasi pada cloud yang memberikan kemudahan pengelolaan data agar lebih produktif.

Memahami pentingnya manfaat HPC tersebut, Widya Analytic mengadakan webinar dengan tema “Peran High Performance Computing (HPC) dalam Meningkatkan Kemajuan IPTEK”, Kamis (5/1/2023).

“Dunia HPC dan superkomputer sudah dimulai sejak tahun 1943-1965, yaitu tahun saat Perang Dunia ke-2 terjadi. Pembuka dunia High Performance Computing dan mission-critical computing yang menentukan keberhasilan operasi militer,” jelas Wilson Lisan di awal penyampaian materi.

Dalam rilisnya, Kamis (12/1/2023) Wilson mengatakan, bahwa hal itu bisa terjadi karena Perang Dunia ke-2 adalah era peperangan pertama yang menggunakan code breaker, counter intelligence, dan ilmu kriptografi secara intensif.

Perkembangan HPC dan superkomputer yang semakin pesat, memberikan sumbangsih pada kemajuan IPTEK. Untuk mengikuti kemajuan yang ada, juga diperlukan peningkatan SDM dengan kemampuan mumpuni di bidang teknologi.

Wilson menyampaikan, bahwa peranan HPC dapat terlihat di berbagai bidang, seperti di bidang kesehatan, telah dilakukan simulasi untuk menguji ketahanan virus SARS-CoV-2 di aerosol yang dibentuk dari 1.3 triliun atom menggunakan teknologi HPC. Pemanfaatan HPC juga digunakan oleh akademia dan peneliti dari universitas dan lembaga riset. Selain itu, di bidang energi, Shell menggunakan HPC secara signifikan untuk simulasi merancang bagaimana hidrogen menjadi salah satu solusi bahan bakar di masa depan.

“Perusahaan Martins juga menggunakan HPC di bidang Aeronautika, Nasa menggunakan HPC di bidang Computer Aided Design (CAD), Forum HPC dan AI on Wall Street mempopulerkan penggunaan HPC di bidang fintech, Disney memanfaatkan HPC di bidang multimedia. HPC juga membantu usaha bisnis, dan masih banyak lagi peranannya dalam berbagai bidang,” imbuhnya.

Sama seperti peranan HPC dalam berbagai bidang tersebut, Widya Analytic sebagai perusahaan yang bergerak di bidang teknologi, memberikan berbagai pelatihan yang membantu bisnis bertumbuh melalui transformasi digital berbasis data driven.

“Dengan mengikuti pelatihan, Widya Analytic berharap dapat memudahkan instansi maupun UMKM dalam mengambil  keputusan, meningkatkan produktivitas,  dan merancang strategi. Kemampuan tersebut bisa didapatkan dari pelatihan bersertifikasi BNSP yang kami berikan,” katanya.

Diakui, antusias peserta terkait webinar semakin meningkat. Ada beberapa pertanyaan yang diajukan seperti alasan IPTEK sangat dibutuhkan oleh setiap negara, alasan utama penggunaan komputasi paralel, integrasi superkomputer melalui cloud, dan beberapa pertanyaan lainnya.

HPC memberikan banyak manfaat dan akan terus meningkat ke depannya. Semoga ilmu tentang HPC di Indonesia segera menjadi pengetahuan umum yang dipelajari dan dimengerti oleh semua kalangan. Harapannya, kita bisa membentuk ekosistem superkomputer yang berjalan dan besar seperti di negara maju,” tutup pembicara yang juga seorang CEO Efison Lisan Teknologi tersebut. (suwarjono)

 

Komentar