MAN Temanggung Gelar Workshop Peningkatan Mutu Kepenulisan

Dorong Peningkatan Literasi Para Siswa

Teras Malioboro News – Sebagai upaya mewujudkan perpustakaan sekolah yang berkualitas, Perpustakaan Gibraltar MAN Temanggung pada Kamis (12/1/2023) menyelenggarakan Workshop Penulisan Sastra. Bertindak sebagai narasumber pada kegiatan tersebut adalah penyair Evi Idawati dari Sekolah Puisi Jogja.

Kepala Perpustakaan Gibraltar MAN Temanggung Agnes Ariningtyas M.Pd menjelaskan, kegiatan Workshop dan Penulisan Sastra ini merupakan upaya dari Perpustakaan MAN Temanggung dengan pelan tapi pasti berbenah menuju perpustakaan yang semakin berkualitas dan mampu menciptakan budaya literasi bagi seluruh civitas akademika madrasah.

“Perpustakaan yang selama ini oleh sebagian orang hanya dianggap sebagai gudang tumpukan buku, majalah, dan media cetak perlu menunjukkan eksistensi dan fungsi yang sebenarnya. Bertolak dari hal itu, Perpustakaan MAN Temanggung bertekad untuk meningkatkan kualitas pengelolaan dan pelayanannya.

Selain upaya kuantitatif dengan membangun gedung yang representatif dan penambahan koleksi bacaan yang lebih banyak, tentu upaya kualitatif berupa peningkatan sistem pengelolaan dan pelayanan juga harus ditingkatkan sesuai dengan perkembangan zaman. “ ujar Agnes dalam rilis yang diterima redaksiTeras Malioboro News, Jumat (13/1/2023).

Workhop Penulisan Sastra
Penyair Evi Idawati ( kanan ) ketika menyampaikan materi dihadapan siswa MAN Temanggung.

Selanjutnya Agnes menyanmpaikan, salah satu pertimbangan mengundang penyair Evi Idawati sebagai nara sumber sekaligus pemateri utama dalam kegiatan Workshop Peningkatan Mutu Kepenulisan ini karena Evi merupakan sastrawan yang namanya telah dikenal dimana-mana. Bahkan melalui sejumlah karya berupa cerita pendek, novel, dan puisi yang dipublikasikan di berbagai media massa dan diterbitkan dalam bentuk buku. Selain itu, Evi juga menggeluti bidang seni peran, pembacaan puisi, presenter, sutradara, penulisan skenario, hingga mengajar di sanggar-sanggar sastra dan perguruan tinggi.

Dijelaskan Agnes, paska pelatihan kepenulisan ini nantinya akan ditindaklanjuti dengan pembentukan Klub Literasi sebagai wadah untuk menggiatkan kegiatan literasi dan bincang ilmiah di Perpustakaan Gibraltar. Diharapkan dengan adanya klub baca ini, bisa meningkatakn literasi siswa tentang karya sastra.

Disamping itu, melalui klub ini para sisawa bisa mendiskusikan tema yang berhubungan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan penelitian di bidang kebahasaan dan kesastraan, membaca karya-karya populer untuk menambah pengetahuan umum anggota klub ini.

Dengan demikian, karya-karya yang didiskusikan tidak hanya terbatas pada tema kebahasaan dan kesastraan, tetapi juga mencakup tema pengetahuan umum lain yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas hidup anggota klub baca ini. (* /SDS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *