Masuki Usia ke-60 , UNY Prioritas Kembangkan Fakultas Vokasi.

Headline1, Pendidikan169 Dilihat

Teras Malioboro News —   Memasuki usia yang ke-60 UNY terus melakukan pengembangan fasilitas perkuliah. Sejumlah saran dan prasarana perkuliahan dalam waktu akan dekat akan segera dibangun  diantaranya :  pengembangan kampus Vokasi di Gunung Kidul serta  Pembangunan fasilitas penunjang di Kampus Karang Malang. Namun, dalam waktu dekat ini  Kampus Vokasi menjadi prioritas utama dalam Pembangunannya .

“  Sebagian besar dana  UNY ini kami dedikasikan  untuk Fakultas  Vokasi., sehingga kalau ada yang meragukan mohon tabayyun  dengan rektornya, karena  justru uang yang kita alokasikan banyak kita berikan ke Fakultas Vokasi. “ ujar Rektor UNY Prof. DR.Sumaryanto MKes AIFO dalam sambutan Upacara  Dies Natalis UNY yang berlangsung di Auditorium UNY Kampus Karang Malang, Selasa (21/5/2024 ).

Baca Juga : UNY  Teken Nota Kesepahaman Dengan Warga Guwosari

Selanjutnya Sumaryanto menyatakan,  prioritas pendanaan un tuk Fakultas Vokasi itu diperuntukkan bagi pembangunan prasarana, sarana maupun Laboratorium di Kampus Vokasai Wates maupun Gunung Kidul.   Pembangunan ini selain dilakukan secara mandiri juag dilakukan dengan sinergi Bersama Pemerintah Daerah setempat untuk menyelenggarakan berbagai event baik  seni, olah raga, penalaran, minat  khusus.

Tak ketinggalan, sejumlah  sarana di Kampus Karang Malang juga akan dibenahi seperti fasilitas senam,  jogging track , Gedung Rekayasa Teknologi ( Restek ) , gedung PTBB serta beberapa Gedung lainnya. Bahkan, direncanakan antara rektorak dengan Fakultas disekitarnya direncanakan akan dibangun jembatan penghubung  guna mengurangi kepadatan lalu lintas  di level paling bawah, sehingga semua Fakultas nantinya akan terkoneksi dengan Rektorat.

Begitupun dengan Kampus UNY  Mandala Kridha, akan di kembangkan dengan dibangun gedung megah berlantai 8. Pembangunan ini dimaksudkan untuk mengadopsi minat  mahasiswa yang dimasa depan diyakini akan semakin meningkat

Selain itu, UNY juga berencana membangun Gedung yang diberi nama UNY Jaya yang diperuntukkan bagi Majelis Wali Amanah ( MWA) dan SAU. Gedung ini merupakan Gedung yang megah karena dibangun 8 lantai  yang dilengkapi dengan  fasilitas lift.

Sedangkan sebagai wujud Komitmen UNY terhadap Masyarakat, UNY akan Kembali membangun Kampung Emas ke-2 yang berlokasi di Guwosari, Pajangan Bantul dan Kampung Emas ke-3 di  Pengasih Kulon Progo.  Pembangunan Kampung Emas ini mengikuti konsep Kampung Emas di Seyegan, Sleman yang sudah berjalan.

Pembangunan Gedung Restek UNY di Kampus Karang Malang . ( Foto : Istimewa )

Baca Juga : Semarakkan Dies Natalis UNY, Pasar Kangen Masuk Kampus  

Sementara itu, Ketua MRPTNI Prof. Ganefri  dalam Pidasto Ilmiahnya menyampaikan, Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH)  seperti UNY memiliki peran penting dalam menjadi pionir transformasi ini.

Sebagai pionir transformasi pendidikan tinggi, PTNBH harus mampu mengelola sumber daya secara mandiri dan efisien untuk mendukung kegiatan pendidikan dan penelitian. Transformasi ini juga memungkinkan perguruan tinggi untuk lebih responsif terhadap perubahan kebutuhan masyarakat dan industri.

Meski demikian, Ganefri berpesan agarKolaborasi dengan industri  juga  semakin intensif, sehingga  UNY mampu menghasilkan lulusan yang siap kerja dan memiliki keterampilan yang dibutuhkan oleh industri. Pendidikan internasional dan global juga akan menjadi semakin penting dalam mempersiapkan mahasiswa untuk berkarir di pasar global. Untuk itu, pendidikan kewarganegaraan di perguruan tinggi dapat menjadi benteng karakter bangsa dalam menghadapi era society 5.0. (*/Sulist Ds )

 

Komentar