Memanfaatkan Mentimun, Mahasiswa UAD Berhasil Menciptakan Serum Anti Kantung Mata

Teras Malioboro News—Sekelompok mahasiswa Jurusan Farmasi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta, berhasil menciptakan serum anti kantung mata. Serum ini diproduksi dengan memanfaatkan bahan mentimun. Mereka adalah M Halim Muzakkir selaku ketua tim, dengan anggota Muhammad Dimas Alif Fadilah, Kharina Amelia, Khofifah Rizqi Aunillah dan Nadhifa Rifdal Arafah.

Dalam keterangan tertulisnya, mahasiswa yang tergabung dalam tim Pekan Kreativitas Mahasiswa-Riset Eksakta (PKM-RE) “TiSerum” ini menjelaskan, mereka berhasil membuat produk inovasi kosmetik berupa serum dari ekstrak buah mentimun.

Serum dipilih karena memiliki beberapa kelebihan. Di antaranya adalah memiliki konsentrasi bahan aktif yang tinggi, sehingga efeknya akan lebih cepat diserap oleh kulit.

“Selain itu, serum juga memberikan efek yang nyaman ketika digunakan dan lebih mudah menyebar di permukaan kulit. Berdasarkan hal tersebut maka sediaan serum dipilih sebagai inovasi kosmetik untuk mencegah kantung mata,” ujar Ketua Tim Halim Muzakkir, Senin (30/10/2023).

baca juga: Mahasiswa UNY Teliti  Fungsi Ekstrak Daun Kopi Sebagai Pembasmi Jamur Tanaman Cabai ,

Dikatakan, kantung mata merupakan salah satu tanda penuaan yang terjadi di daerah sekitar mata. Biasanya kantung mata disertai lingkaran hitam pada daerah tersebut. Pada usia lanjut, kantung mata biasanya disertai keriput halus. Namun, kantung mata juga dapat terjadi pada usia remaja.

Mendapat arahan dari dosen pembimbing Dr Nining Sugihartini MS, riset 5 orang mahasiswa ini, dilatarbelakangi oleh maraknya berbagai bentuk gangguan terhadap kesehatan, termasuk kesehatan kulit.

Anggota tim, Khofifah Rizqi Aunillah mengungkapkan, pada era digital seperti sekarang, remaja sangat bergantung pada ponsel ataupun alat digital lainnya. Hal ini, sangat berpengaruh terhadap kesehatan mata dan daerah di sekitarnya, lantaran terus menerus terpapar sinar radiasi. Sinar radiasi merupakan senyawa radikal bebas penyebab timbulnya kantung mata.

“Selain itu, paparan sinar UV dari matahari ketika beraktivitas sehari-hari juga dapat menyebabkan timbulnya kantung mata,” kata Khofifah memberi penjelasan.

Munculnya masalah kantung mata dapat menyebabkan hilangnya estetika wajah sehingga dapat menyebabkan rasa percaya diri menurun. Cara untuk mengobati kantung mata dapat dilakukan dengan bahan kimia ataupun teknologi modern seperti laser.

Namun, hal itu memerlukan biaya tidak terjangkau oleh rata-rata masyarakat indonesia. Selain itu, pengobatan menggunakan zat kimia sintetis dapat menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi tubuh.

baca juga: Bio Farma-Unpad Fasilitasi 10 Peneliti Negara OKI Ikuti Pelatihan Pembuatan Vaksin

“Kami membuat sebuah inovasi sediaan kosmetik berupa serum dari ekstrak buah mentimun. Inovasi yang dibuat merupakan salah satu inovasi yang tergolong baru dalam dunia kosmetik, dikarenakan adanya pemanfaatan bahan alam dan membuatnya menjadi serum yang dapat mengatasi permasalahan kantung mata,” lanjut Khofifah.

Dalam riset ini, tim menemukan adanya kandungan antioksidan di dalam buah mentimun. Kandungan ini dapat digunakan untuk mengatasi kantung mata. Antioksidan dapat menangkap radikal bebas yang menjadi penyebab terjadinya kantung mata.

Selain itu, sediaan serum juga belum banyak dibuat dalam sediaan kosmetika. Oleh karena itu, inovasi sediaan kosmetik serum bertujuan agar masyarakat lebih nyaman dalam penggunaan kosmetik dan efek yang ditimbulkan lebih cepat karena serum dapat cepat menyerap dalam kulit.

Sementara, Dr Nining Sugihartini menambahkan, serum dengan bahan aktif dari alam memiliki beberapa keunggulan. Sediaan yang berasal dari bahan alam akan memiliki efek samping yang lebih sedikit daripada bahan sintetis.

“Dengan formulasi mentimun dalam bentuk sediaan serum maka penyerapan manfaat dari buah mentimun akan lebih optimal. Selain itu, serum mentimun ini dapat menjadi solusi untuk mengatasi kantung mata dengan biaya yang lebih ekonomis,” katanya. (Suwarjono)

Komentar