Mendikbud : Museum di Indonesia  Masih Menjadi  Ruang Sepi

Teras Malioboro News –  Menteri Pendidikan ,Kebudayaan , Riset dan Teknologi ( Mendikbud Ristek ) Nadiem Anwar Makarim menyampaikan, selama ini kondisi museum di Indoneis masih menjadi ruang yang diam dan sepi, sehingga tidak menjadi pilihan  kunjungan masyarakat. Untuk itu perlu adanya reimanigasi agar Museum  dapat menjadi sarana pembelajaran masyarakat.

“ Saat ini kita mengambil langkah berani untuk mentransformasikan museum dan warisan budaya yang kita miliki.  Kemudian,  masih dalam semangat gerakan Merdeka Belajar, kini saatnya kita menjadikan  museum dan warisan budaya sebagai ruang belajar .  Dan hari ini saya ingin mengajak Anda semua untuk mencapai imajinasi yang sama tentang dunia museum dengan upaya kita membayangkan kembali langkahlangkah berani untuk mengubah sistem pendidikan kita di sektor budaya.  “ ujar Nadiem saat membuka Peluncuran Indonesian Heritage Agency  (IHA ) di  Museum Benteng Vredeburg Kamis (16/5/2024) malam.

Selanjutnya Nadiem menyampaikan,  hadirnya lembaga IHA telah melalui  persiapan selama bertahun tahun dan lembaga ini nantinya akan mengelola sebanyak 18  museum dan 34 cagar budaya yang ada di  Indonesia. Hal tersebut diakuinya tidak mudah, sehingga segala upaya menuju pembaharuan terus dilakukan.

Baca Juga : Vredeburg Dipersiapkan Jadi Destinasi Wisata Malam

Gubernur DIY Sri Sultan HB X

Sementara itu, Gubernur DIY Sri Sultan HB X  dalam sambutannya mengungkapkan, museum dan cagar budaya  merupakan  sebuah entitas yang  diharapkan memberikan pengalaman pendidikan yang berfungsi  layaknyabuku harian hidup bagi masyarakat dari segala usia

“ Di  museum, para pelajar tidak terikat oleh batasan dinding kelas , sehingga mereka  dapat  tenggelam dalam lingkungan interaktif dengan melibatkan pancaindra . Untuk itu, sudah seharusnya museum menawarkan jalan untuk pertumbuhan intelektual pemikiran kritis dan pengembangan pemahaman holistikkisah manusia secara kolektif “ ujar Sultan.

Ditambahkan Sultan, dalam fungsinya sebagai sarana belajar maka museum dan cagar budaya sejatinya katalisator inspirasi dan kreativitas . Oleh karena itu,  pendirian Indonesia Heritage agency   merupakan sebuah langkah pencerahan budaya.  Apalagi, sudah  lebih dari 1500 artefak telah dipulangkan sejak tahun 2020, sehingga  hal tersebut mencerminkan  tekad untuk  mengambalikan kejayaan warisan sejarah bangsa yang telah lama terpisah dari tanah air.  (*/)

Komentar