Menengok  Suasana “ Kampung UFO “ di Mantrijeron Yogyakarta

Teras Malioboro News  – Ada  pemandangan tak  biasa  di  wilayah RT 46 RW 10, Kelurahan Gedongkiwo, Kemantren Mantrijeron Yogyakarta. Pada setiap gang kampung terdapat pemandangan estetik yang banyak dihiasi dengan mural bertema antariksa, luar angkasa dan astronomi . Karena itu, banyak orang yang kemudian menyebutnya sebagai ‘Kampung UFO’.

Gaya ini dimaksudkan warga guna menyosialisasikan kebersihan lingkungan tempat tinggal mereka dengan tidak membuang sampah dan memelihara alam sekitar.

Direktur Indonesia Space Science Society (ISSS) Venzha Christ

menyampaikan,  dekorasi Kampung  ala UFO ini   bertepatan dengan Peringatan Indonesia UFO Day ini akan berlangsung selama sebulan penuh mulai tanggal 2 Juli hingga 30 Juli 2024 yang digelar di beberapa lokasi berbeda yakni di Crop Cicle/Ufo Monumen di Berbah Sleman, Kampung Alien di Nanggulan Kulon Progo, serta Kampung UFO di Kelurahan Gedongkiwo.

Baca Juga : 1000 Penari Semarakkan Gebyar Kampung Menari.

Adapan karya Mural di beberapa tempat di Kampung UFO ini merupakan kolaborasi komunitas seni dan warga setempat, yang dibalut dengan kegiatan keilmuan seperti astronomi dan sains antariksa dan bisa dipelajari secara gratis.

Selain mural yang sudah ada , ada ratusan mural yang  menghiasi rumah-rumah warga, warung, pos ronda, bahkan angkringan yang ada disini juga akan kami buat mural. Jadi anak-anak hingga dewasa bisa menikmati jalan, sembari bersepeda di pagi atau sore hari

Baca Juga : Kampung Emas Margo Agung, Bakti Rektor UNY Terhadap Tanah Kelahiran

Dalam membuat mural tersebut, Venzha melibatkan seniman graffiti ‘bigbang_k_20’. Dimana seluruh tampilan mural yang dibuat merupakan cerita dan narasi luar angkasa yang dapat dinikmati mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Venzha berharap, melalui kegiatan ini masyarakat dapat ikut menjaga kebersihan di lingkungan mereka terutama dalam mengelola sampah dari rumah tangga. (*)

Komentar