Jangan Anggap Sepele, Ini Peran Penting Side Stand Switch Honda

Teras Malioboro News, Yogyakarta–Sejalan dengan semangat #Cari_Aman, secara simultan Honda terus mengembangkan dan menyematkan beragam fitur penunjang keselamatan bagi pengendara. Beberapa fitur bahkan terkadang luput dari perhatian pemilik sepeda motor itu sendiri. Salah satunya adalah saklar standar samping atau dikenal sebagai side stand switch.

Sebagai fitur keselamatan standar, komponen standar samping tak hanya berfungsi sebagai penahan posisi sepeda motor agar tetap berdiri saat motor tidak digunakan/ sedang parkir. Penyematan side stand switch, menjadikan komponen ini sebagai salah satu penunjang keamanan dan keselamatan pengendara yang ada di seluruh skutik Honda.

“Fitur ini secara otomatis mematikan mesin saat standar samping sepeda motor diturunkan. Sehingga mesin skutik kesayangan tidak dapat dihidupkan kembali tanpa menaikkan standar samping,” ungkap Technical Training Coordinator Astra Motor Yogyakarta Danang Priyo Kumoro dalam rilisnya, Sabtu (12/2/2023).

Fitur penunjang keselamatan ini dikembangkan dengan sederhana namun tepat guna. Cara kerjanya, dalam komponen side stand switch terdapat saklar yang terhubung secara langsung dengan Engine Control Module (ECM). Jika standar samping turun, maka otomatis ECM akan memutus pengapian mesin sehingga mesin mati/ tidak dapat dihidupkan.

Seluruh rangkaian komponen side stand switch telah dirancang anti air. Sehingga pengendara skutik Honda tidak perlu khawatir akan terjadinya hubungan arus pendek/ konseleting saat skutik Honda tersebut digunakan untuk melibas genangan air ataupun digunakan berkendara di bawah guyuran hujan deras.

“Fitur ini diproyeksikan mampu menekan risiko kecelakaan, akibat pengendara lupa menaikkan standar samping saat mulai berkendara serta mencegah sepeda motor jalan sendiri saat tuas gas terputar secara tidak sengaja saat sedang berhenti dengan kondisi mesin menyala,” tutup Danang Priyo Kumoro. (suwarjono)

 

 

 

Ilustrasi. (istimewa)

Komentar