Mengunjungi Kampung  Gemblakan Atas Yang Kaya Potensi Jambu Air

Headline1, Jogja Raya129 Dilihat

Teras Malioboro News – Sejumlah  kampung  di Kota Yogyakarta menyimpan  potensi unggulan . Salah satunya adalah Kampung Gemblakan Atas, Kelurahan Suryatmajan,  Kecamatan Danurejan  yang sudah sejak 2018 dikenal sebagai Kampung Jambu, karena  sebagian besar  warga di kampung tersebut menanam jambu di depan rumahnya. Hingga saat ini  tercatat  sebanyak  250 pohon jambu dengan 18 varietas jambu air.

Penjabat Wali Kota Yogya, Sugeng Purwanto  memberikan apresiasi terhadap kreatifitas  warga Gemblakan Atas  yang melakukan  budidaya jambu air.  Selain berfungsi sebagai penghasil Oksigen, budidaya ini juga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Ini nilai ekonomis tinggi apalagi dikonsep dengan pengembangan agrowisata sehingga bisa memberikan nilai lebih bagi warga,”  ujar Sugeng disela-sela kegiatan  panen Jambu, Selasa (10/9/2024).

Baca Juga : Kampung Sayur Bausasran, Inovasi Pertanian Perkotaan di Yogyakarta

Selanjutnya Sugfeng berharapo kreatifitas warga Gemblakan dapat ditiru warga kampung lain, agar  semakin banyak potensi warga Kota Yogyakarta yang dapat dipromosikan kepada wisatawan.

Sementara itu Ketua Kelompok Tani Jambu, Kampung Jambu Gemblakan Atas, Maryadi mengatakan selain memanen jambu, warga juga menyulap jambu-jambu ini menjadi 18 produk turunan baik berbentuk makanan atau minuman.

“Produk turunan ini seperti kurma rasa jambu, madu jambu, nugget jambu, dodol jambu, sambal jambu, sirup jambu, dan masih banyak lagi,” bebernya.

Untuk pemasarannya, berbagai produk jambu ini mereka pasarkan kebeberapa toko oleh-oleh dan hotel yang berada di wilayah Danurejan.

“Semua produk kami sudah memiliki izin edar Produk Industri Rumah Tangga (PIRT), selain itu juga sudah bersertifikat halal, dan yang terbaru produk kami sudah bersertifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI),” jelasnya.

Baca Juga : Menengok  Suasana “ Kampung UFO “ di Mantrijeron Yogyakarta

Salah satu warga kampung tersebut, Ari mengaku cocok dengan menanam jambu. Menurutnya menanam jambu tidak memerlukan waktu lama hingga sampai berbuah. Sekitar usia 2,5 – 3 tahun, buah jambu sudah siap untuk dipetik.

“Setahun bisa berbuah hingga 2 kali musim. Setiap musimnya bisa sampai empat bulan” terangnya (*/)

 

 

Komentar