Nuansa Sastra 90-an di “Gelar Sastra Kotagade 2023”

Teras Malioboro News — Dinas Kebudayaan Kundha Kabudayan Kota Yogyakarta akan menggelar acara bincang sastra “Gelar Sastra Kotagede” pada hari Jumat, 17 Maret 2023 malam.

Acara yang bertujuan untuk memperkenalkan perkembangan sastra di Kotagede, Yogyakarta pada era 1970 hingga 1990 ini akan dihadiri oleh para sastrawan terkenal Indonesia, yaitu Achmad Charis Zubair Mustofa, Hasyim, dan Erwito Wibowo.

Acara ini akan dilaksanakan di Pendopo Sastra Mbeling di Kampung Dolahan Kotagede Yogyakarta pada pukul 19.30 hingga 22.00 WIB.

Baca Juga : Kompetisi Bahasa dan Sastra Kota Yogyakarta 2023 Kembali Digelar

Selain bincang sastra dari para sastrawan terkenal, acara ini juga akan dimeriahkan dengan penampilan Paguyuban Seni Sastra Mbeling, sebuah komunitas seniman sastra di Yogyakarta.

“Hal ini dilakukan dalam rangka memperkenalkan perkembangan sastra di Kotagede pada era 1970 hingga 1990 kepada masyarakat Yogyakarta.

Para sastrawan terkenal akan memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang sejarah perkembangan sastra di Kotagede kepada para peserta yang hadir,” ujar Kepala Bidang Sejarah Permuseuman Bahasa dan Sastra, Drs. Dwi Hana Cahya Sumpena, yang hadir membuka acara.

Baca Juga : MAN Temanggung Gelar Workshop Peningkatan Mutu Kepenulisan

Dalam bincang sastra tersebut, para sastrawan terkenal akan membahas tema tentang bagaimana para sastrawan muda di Kotagede kala itu, menghadapi tantangan dalam mengekspresikan ide-ide sastra mereka, serta sejauh mana karya mereka mempengaruhi perkembangan sastra di Indonesia.

Acara “Gelar Sastra Kotagede” ini merupakan kerja sama antara Dinas Kebudayaan Kundha Kabudayan Kota Yogyakarta, Paguyuban Seni Sastra Mbeling, Himpunan Penulis Indonesia Yogyakarta, dan Kelompok Sastra Yogyakarta.

Diharapkan, acara ini  dapat memberikan wawasan dan pemahaman yang lebih dalam tentang perkembangan sastra di Kotagede. (*)

Komentar