Oetje Lamno Pamer “Rumah Kedua”  di Artotel Suites Bianti.

 Teras Malioboro NewsArtotel  Suites Bianti  kembali mengadakan pameran lukisan  di  ruang Art Space , Lobby Area. Kali ini, Artotel menampilkan karya seniman Oetje Lamno  bertema “Rumah Kedua. Terdapat 13 karya lukis dan 1 karya instalasi yang saat ini dipamerkan .  Dari lukisan yang dipamerkan  2 diantaranya merupakan  karya monumental sementara sisanya merupakan karya baru.

Yang menarik, sebagian besar lukisan yang dipamerkan tersebut merupakan lukisan  pemandangan gunung berapi yang dilukis menggunakan cat lukis warna emas.

Menurut Oetje, warna emas merupakan warna yang sangat spesial. Warna ini mewakili ekspresi dan impian-impian yang selama ini terpendam dalam benaknya. Selain itu, warna ini menjadi pilihan karakter dan menjadi ikon terhadap karya-karyanya.

“ Sangat jarang pelukis yang berani menggunakan cat warna emas ini. Selain harganya mahal, penggoresan warna emas ini juga perlu kehati-hatian dan perenungan yang dalam. “ ujar Oetje kepada sejumlah awak media , Jumat (10/11/2023).

Baca Juga : Artotel Suites Bianti Gelar Pameran Prelude to MTJA Vol 3

Disamping  warna emas, lukisan karya Otje juga banyak menampilkan bentuk gunung api. Menurut Oetje,  dirinya mempunyai keterikatan batin dengan gunung api. Dia merasa menemukan rasa nyaman dan tenteram saat berada di gunung. Untuk itu, tema lukisan ini diberi tajuk “ Rumah Ke Dua “ karena berada di gunung dirasakannya seperti berada di rumah sendiri.

“  Sampai saat ini saya masih memimpikan bisa membangun rumah di gunung atau wilayah pegunungan. “ ujar Oetje.

Oetje Lamno sendiri merupakan salah satu seniman kebanggaan asal D.I. Yogyakarta yang telah memamerkan hasil karyanya di berbagai galeri nasional maupun internasional.

Selain menjelajah ke berbagai kota besar di Indonesia, Oetje juga sudah beberapa kali menggelar pameran di luar negerui seperti : Cina dan Singapura. Hal tersebut  menegaskan kepiawannya dalam membuat hasil karya seni yang dikagumi oleh berbagai kalangan.

Karya lukisanya sendiri sudah banyak yang dikoleksi oleh para kolektor lukisan yang  suka dengan gaya lukisan Oetje.

Baca Juga : Artotel Suites Bianti Suguhkan Nuansa Nusantara

Sementara itu, Imant Setiawan, CHA., CHRM. selaku General Manager dari ARTOTEL Suites Bianti – Yogyakarta mengaku bangga kepada seniman-seniman lokal Yogyakarta yang menunjukkan eksistensinya di level kancah dunia.  Untuk itu, dirinya  merasa terhormat bisa menjadi bagian dalam dalam memamerkan perjalanan estetis Oetje Lamno.

“  Kami membuka lebar pintu kami untuk seniman dapat menunjukkan karya seni Anda! Komitmen kami untuk selalu men-support segala bentuk kegiatan yang sifatnya untuk mengapresiasi kesenian. Dan besar harapan kami, ARTOTEL Suites Bianti – Yogyakarta menjadi salah satu destinasi bagi penikmat seni ketika berada di Yogyakarta”, ujar Imant

Lukisan unik  hasil karya Oetje Lamno ini dipamerkan di Art Space Artotel Suites Bianti  hingga 31 Januari 2024 (*/Sulist Ds )