Pegadaian Tawarkan Solusi Keuangan untuk Biaya Sekolah dan Beli Kendaraan

Berita237 Dilihat

TerasMalioboroNews– Memasuki tahun ajaran baru 2024/2025, semua orang tua yang memiliki anak usia sekolah harus mengeluarkan anggaran yang cukup besar untuk biaya sekolah anak, baik untuk pendaftaran sekolah, daftar ulang hingga perlengkapan lainnya.

Bagi orang tua yang terkendala anggaran, tak perlu khawatir. Pegadaian menawarkan solusi keuangan bagi masyarakat khususnya di moment penting seperti pendaftaran sekolah seperti saat ini.

Pemimpin PT Pegadaian Kanwil XI Semarang, Edy Purwanto menuturkan, Pegadaian bisa menjadi solusi keuangan masyarakat yang membutuhkan dana untuk berbagai kebutuhan dengan cara menggadaikan barang bernilai yang dimiliki.

“Masyarakat bisa menggadaikan barang berharganya. Barang yang bisa digadai bervariasi, mulai dari emas, perhiasan, elektronik hingga kendaraan seperti motor dan mobil,” kata Edy Purwanto, dalam keterangannya, Kamis (4/7/2024).

Besaran pinjaman, kata Edy, disesuaikan taksiran dari nilai barang yang digadai. Menariknya, masyarakat bisa memilih sendiri tenor pembayaran atau pelunasannya. Masyarakat bisa memilih berjangka yaitu empat bulan, bisa diperpanjang atau dicicil.

“Jadi, masyarakat bisa memanfaatkan dana gadainya untuk keperluan apapun. Termasuk untuk biaya sekolah anak,” paparnya.

Tak hanya saat pendaftaran sekolah, Pegadaian Kanwil XI Semarang juga menawarkan kepada orang tua yang akan memfasilitasi anak dengan kendaraan bermotor untuk berangkat ke sekolah.

Pegadaian Kanwil XI Semarang menawarkan program Pegadaian Amanah atau pembiayaan kendaraan skema sesuai syariah.

“Pembiayaan Amanah ini tidak hanya menawarkan pinjaman berjangka, tetapi juga pembiayaan kendaraan yang mengikuti prinsip syariah,” jelasnya.

Program yang berfokus pada pembiayaan kendaraan atau cicil kendaraan ini, sebelumnya mungkin lebih dikenal dalam lingkup perusahaan pembiayaan atau leasing ini, namun kini dapat dinikmati di seluruh outlet Pegadaian di Seluruh Indonesia.

Ini menunjukkan bahwa Pegadaian tidak lagi hanya sebagai tempat gadai seperti yang banyak dipahami oleh masyarakat. Bahkan, menariknya, di Pegadaian Syariah jauh lebih aman dan bebas dari riba, karena berbasis syariah.

“Pegadaian Amanah menyajikan program pembelian kendaraan secara kredit berbasis syariah. Dimana, kami di Pegadaian melakukan pelunasan kendaraan motor dan mobil, sementara konsumen tinggal melakukan pembayaran berjangka kepada kami, mulai dari 12-60 bulan,” paparnya.

Dikatakan Edy Purwanto, yang membedakan Pegadaian Amanah dari pembiayaan lainnya adalah biaya administrasi relatif murah dan cicilan tetap. Pembiayaan ini bisa untuk kendaraan dengan kondisi bekas (second) maupun baru.

“Untuk mu’nah akad sepeda motor hanya Rp 70 ribu, dan mu’nah akad mobil hanya Rp 200 ribu saja,” jelasnya.

Untuk persyaratan, masyarakat bisa datang langsung ke outlet Pegadaian di seluruh wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta atau mengaksesnya melalui aplikasi Pegadaian Digital Services (PDS).

Masyarakat hanya menyerahkan fotocopy KTP suami dan istri, fotocopy kartu keluarga, fotocopy PBB khusus untuk pengusaha mikro atau UMKM dan pas foto 3×4 suami istri.

“Bagi pegawai tetap, ASN dan BUMN, harus menyertakan surat pengangkatan dan rekomendasi atasan langsung,” tambahnya.

Dengan adanya fasilitas pembiayaan ini, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan asupan dana untuk keperluan sekolah anak. Termasuk juga keperluan kendaraan sekolah anak. (*)

Komentar