Pelanggan Telkomsel di 6 Kota Ini Bisa Upgrade Layanan 4G/LTE   

Teras Malioboro News—Pelanggan Telkomsel di 6 kota yakni Cilacap, Wonosobo, Kebumen, Pekalongan, Pemalang dan Purworejo, berkesempatan untuk melakukan upgrade layanan 3G ke 4G/LTE. Upgrade layanan 3G ke $G/LTE, dilayani selama Maret 2023.

General Manager Region Network Operations and Productivity Jawa Tengah and DIY Adi Wibowo, mengatakan, proses upgrade layanan jaringan 3G ke 4G/LTE sendiri telah dilakukan oleh Telkomsel secara bertahap dan terukur sejak Maret 2022.

Program upgrade layanan 4G/LTE menargetkan 504 kota/kabupaten wilayah populasi Indonesia. Hingga akhir tahun lalu, operator pelat merah ini sukses melakukan upgrade layanan jaringan 3G ke 4G/LTE di 204 kota/kabupaten.

“Kami sudah melakukannya sejak tahun lalu. Pelaksanaannya secara bertahap. Proses pemerataan jaringan 4G/LTE ini merupakan kelanjutan yang sudah dimulai sejak Maret 2022 dan sudah mencakup 200 lebih kota/kabupaten dari total 504 kota/kabupaten yang ditargetkan di Indonesia,” kata Adi .

baca juga:Qhomemart Sambut Ramadhan, Bersihkan Masjid  Hingga Bazaar Cat dan Kuliner

Upgrade layanan 4G/LTE ini, merupakan bagian dari strategi Telkomsel untuk mengakselerasi transformasi digital pelanggan di seluruh wilayah Indonesia. Upaya ini dilakukan melalui penyediaan teknologi jaringan broadband berteknologi terdepan yang lebih inklusif dengan keunggulan kualitas yang merata.

“Kami optimis, proses upgrade layanan jaringan tersebut mampu meningkatkan ekonomi digital nasional, seiring dengan semakin terbukanya peluang yang lebih luas bagi seluruh lapisan masyarakat dalam mengoptimalkan berbagai potensi kemajuan di berbagai wilayah dengan dukungan pemanfaatan teknologi digital terkini,” kata Adi Wibowo Sabtu (25/3/2023).

Melalui proses upgrade jaringan dari 3G ke 4G/LTE ini, Telkomsel mencatatkan adanya peningkatan jumlah pelanggan di tahun 2022 (YoY) yang menggunakan uSIM 4G sebesar 7,3 persen. Tren ini diikuti dengan pertumbuhan trafik payload 4G sebesar 18,2 persen (YoY).

Upaya mempercepat peralihan pelanggan yang menggunakan layanan 3G ke 4G/LTE, dilakukan dengan menghadirkan berbagai kemudahan bagi pelanggan yang ingin menukarkan atau mengganti kartu non-4G ke uSIM 4G melalui sejumlah kanal layanan pelanggan.

Pelanggan dapat memanfaatkan mekanisme online dengan mengakses mitra e-commerce (Shopee, Tokopedia, Bukalapak), serta memanfaatkan layanan GraPARI Online melalui tsel.me/graparionline. Pada mekanisme online, pelanggan dapat merasakan manfaat lebih karena kartu uSIM 4G akan diantarkan langsung ke alamat tujuan pelanggan.

baca juga:Belasan Anak Di Kota Yogyakarta Mengidap HIV/AIDS

Informasi terkait proses ganti kartu, pelanggan dapat mengakses berbagai kanal informasi layanan Telkomsel seperti melalui akun resmi media sosial Facebook dan Twitter dan layanan Virtual Assistant (VA) Telkomsel yang tersedia di sejumlah platform pesan instan terkemuka.

Sedangkan untuk mekanisme offline, pelanggan cukup mengunjungi GraPARI atau layanan MyGraPARI terdekat. Selama proses migrasi ke uSIM 4G dan pada saat registrasi uSIM, Telkomsel akan memastikan validasi registrasi data pelanggan yang terdaftar pada kartu non-4G sebelumnya sudah sesuai dengan identitas Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK) yang tercantum pada KTP elektronik dan Kartu Keluarga (KK).

“Saran saya, pelanggan terlebih dahulu melakukan pengecekan kesesuaian identitas diri melalui akses USSD Menu Browser (UMB) *444# langsung dari ponsel. Apabila terdapat ketidaksesuaian, segera lakukan registrasi ulang dengan cara mengetik ULANG<spasi>NIK#Nomor KK# kirim SMS ke 4444,” katanya. .

Bagi pelanggan yang ingin melakukan migrasi ke uSIM 4G, diharapkan juga terlebih dahulu untuk melakukan pengecekan terhadap ketersediaan jaringan 4G di wilayahnya dan dukungan 4G pada perangkat yang digunakan. Pengecekan dapat dilakukan dengan mudah melalui *888*47#.

Dari sisi manfaat, upgrade layanan dari 3G ke 4G ini, akan memberikan kesempatan bagi pelanggan mengakses internet dengan kecepatan yang stabil dan maksimal. (suwarjono)

Komentar