Pemanfaatan SINDE di Lingkungan PT Vokasi Perlu Lebih Optimal

Headline2, Pendidikan172 Dilihat

Teras Malioboro News   Sebagai upaya  membekali para  Staff Humas  pada jajaran Perguruan Tinggi Vokasi (PTV) , Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi mengadakan Refleksi Capaian Kinerja Bidang Pelayanan Umum, Kerjasama Humas dan Publikasi tahun 2023 pada Rabu – Jumat  (15- 17/11/2023 )  di Platinum Adisucipto Hotel Yogyakarta.

Para peserta kegiatan tersebut merupakan seluruh Satuan Kerja (Satker) di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi seluruh Indonesia.  Bertindak  sebagai narasumber utama  adalah  Sesditjen Diksi Saryadi, ST. MBA.

Dalam kesempatan tersebut Saryadi mengatakan ,  Ditjen Diksi berperan dalam pendidikan vokasi untuk terus berkarya untuk Indonesia sehingga vokasi kuat untuk menguatkan Indonesia.

Disamping itu, Saryadi  juga menjelaskan mengenai pemanfaatan  Sistem Informasi Data Elektronik (SINDE ) untuk lebih dioptimalkan di lingkungan Ditjen Diksi, sehingga penunjang tugas dan jalur komunikasi ketugasan dapat menggunakan SINDE secara formal dan informal dengan pemanfaatan media sosial.

Baca Juga : AKN Seni dan Budaya Yogyakarta  Ajarkan Pembuatan Gapit Wayang  Berbahan Tanduk Kerbau

Sementara itu, Cecep Sumantri, Ph.D.selaku Ketua Tim Kerjasama, Kehumasan, dan Publikasi Ditjen Pendidikan Vokasi yang juga sebagai ketua panitia kegiatan menjelaskan bahwa dilaksanakannya kegiatan Refleksi Capaian Bidang Pelayanan Umum, Kerjasama Humas dan Publikasi tahun 2023 ini meliputi tiga aspek utama .

Pertama mengevaluasi capaian pelayanan umum seperti efektivitas penggunaan sistem naskah dinas elektronik (SINDE), kendala dan tantangan dalam pemberian izin penggunaan produk impor, dan kemajuan dalam digitalisasi arsip.

Aspek kedua dalam capaiannya kami ingin mengeksplorasi dan mengukur perkembangan kerja sama seperti, “capaian kerja sama di lingkungan direktorat jenderal pendidikan vokasi, termasuk skema students and staff mobility, join research dan internship dan juga rumusan strategisuntuk meperluas dan meperkuat jaringan kerja sama internasional,” jelas Cecep

Sedangkan Aspek ketiga adalah mengidentifikasi capaian dalam humas dan publikas. Menurut aspek yang ingin kami lihat, jumlah publikasi yang dihasilkan dan penghargaan yang diperoleh oleh seluruh unit kerja di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, rumus langkah- langkah untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang istilah ‘vokasi’ dan rencana penguatan humas dan publikasi guna meningkatkan citra dan pemahaman tentang pendidikan vokasi di masyarakat.

Baca Juga : Dorong Kecintaan Generasi Muda Terhadap  Seni Tradisi, AKN SB Yogyakarta Gelar Pesta Wayang

Di tempat yang sama Kasubag-TU AKN Seni dan Budaya Yogyakarta Rais Faisal Akhyar ST M.Eng menyatakan kesiapannya dalam meningkatkan layanan publik, kerjasama dan kehumasan. Terbukti pada tahun 2022 AKN Seni dan Budaya Yogyakarta menempati peringkat 3 besar dalam optimalisasi SINDE tingkat Ditjen Pendidikan Vokasi.

Tahun ini dalam desiminasi AKN Senbud Yk meningkatkan kerjasamanya dengan Dispar DIY, Disbud DIY, Disdikpora DIY, dan Biro Pemberdayaan Masyarakat Setda DIY dalam sosialisasi AKN Senbud Yk ke seluruh lurah di empat kabupaten se-DIY.

“AKN Seni dan Budaya Yogyakarta berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan publik, kerjasama dan kehumasan, demi meningkatkan animo masyarakat dalam pemberdayaan seni dan budaya gagrak Yogyakarta,jelas Rais . (*/Sulist Ds )

Komentar