Pengusaha Muda Dito Ario Tedjo Dilantik Jadi Menpora

Gantikan Zainnuddin Amali

Teras Malioboro News —  Jabatan Menteri Pemuda dan Olahraga yang ditinggalkan oleh Zainnuddin Amali  segera terisi.  Dikabarkan, Senin (3/4/2023 ) hari ini Presiden RI Joko Widodo  melantik  pengusaha muda Dito Ario Tedjo sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga.

Dalam bidang  keolahragaan dan kepemudaan. ada dua hal yang bisa dicatat dari seorang Dito Ario Tedjo. Dito Ario Tedjo adalah Ketua Umum DPP Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) periode 2017-2022, organisasi kepemudaan yang berada di bawah Partai Golkar. Pria kelahiran Jakarta, 25 September 1990  itu merupakan pengusaha yang bekerja sama dengan Raffi Ahmad dalam bisnis kuliner , fashion serta  menjabat sebagai Chairman RANS PIK Basketball.

Baca Juga : 5 Manfaat Mengajari Anak Memanah Sejak Dini

Dikutip dari Wikipedia, , Dito pernah  membangun ruang kreatif bernama Open Lab yang diresmikan pada Desember 2017 oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto. Open Lab mulai diinisiasi dan diterapkan ke berbagai daerah di seluruh Indonesia.

Perhatiannya pada pengembangan pemuda sangat besar. Hal ini dibuktikan dengan upayanya bersama AMPI menghimpun aspirasi dan kekuatan pemuda dari seluruh Indonesia dalam temu kader nasional bertemakan Pembaharuan Indonesia untuk Indonesia Maju yang dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Pada 2018, kontribusi dan kiprahnya pada dunia pemuda dan olahraga membuatnya dipercaya oleh pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga serta Komite Olimpiade Indonesia untuk menjadi CdM (Chef de Mission) atau Ketua Kontingen Indonesia pada perhelatan Youth Olympic Games 2018 yang diselenggarakan di Buenos Aires, Argentina.

Dalam bidang sosial,  Dito  tercatat pernah   terlibat dalam berbagai proyek sosial di Indonesia serta pendiri dan CEO dari Koperasi Sahabat UMKM, yang berfokus pada pemberdayaan usaha kecil dan menengah di Indonesia melalui penyediaan layanan keuangan dan pelatihan bisnis. Dito juga terlibat dalam beberapa proyek sosial lainnya, seperti pengembangan teknologi bagi petani dan program bantuan kemanusiaan untuk korban bencana alam.

Di dunia kreatif, Dito Ario Tedjo juga dikenal sebagai salah satu penggagas Gerakan Kreatif Indonesia, yang bertujuan untuk mendorong perkembangan industri kreatif di Indonesia melalui kolaborasi antara para pelaku industri kreatif. Ia  bahkan  pernah terlibat dalam berbagai forum diskusi dan acara yang membahas isu-isu sosial dan ekonomi di Indonesia.

Baca Juga : Cycling For Equality , Bersepeda Bersama Jelajahi Jogja

Sebagai seorang pengusaha, Dito  memiliki pengalaman dalam memimpin beberapa perusahaan di berbagai sektor, termasuk teknologi informasi dan layanan keuangan. Ia juga aktif dalam mengadvokasi pentingnya pemberdayaan ekonomi melalui pengembangan UMKM dan inovasi teknologi.

Dalam beberapa tahun terakhir, Dito juga aktif dalam berbagai kegiatan penggalangan dana dan bantuan sosial bagi korban bencana alam dan kelompok rentan di Indonesia. Ia juga sering membagikan pengetahuannya dan pengalamannya dalam berbagai seminar dan lokakarya, serta terlibat dalam beberapa inisiatif yang bertujuan untuk meningkatkan akses dan kualitas pendidikan di Indonesia.  Selain itu, ia juga terlibat dalam berbagai kegiatan sosial dan advokasi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia. (*)

Komentar