Penumpang Naik 29 Persen, Layanan KAI Mendapat Apresiasi

Jogja Raya117 Dilihat

TerasMalioboro News.com–PT Kereta Api Indonesia (Persero) dinilai sukses melayani arus mobilisasi penumpang pada libur panjang Natal dan Tahun Baru 2023 kemarin. Apresiasi ini disampaikan Anggota Komisi VI DPR RI Subardi. Menurutnya, KAI mampu mengantisipasi lonjakan penumpang, tanpa ada kendala apapun.

“KAI berhasil mengelola arus mobilisasi penumpang di musim libur kemarin, baik dari Jakarta ke daerah maupun sebaliknya. Masyarakat semakin nyaman dengan pelayanan KAI,” kata Subardi saat menggelar sosialisasi Kereta Cepat untuk Indonesia Maju bersama PT KAI, di Condongcatur, Sleman, Selasa (10/1/2023).

Subardi mengatakan, data dari KAI menunjukkan, selama musim libur Natal dan Tahun Baru 2023, KAI menyiapkan tiket KA jarak jauh sebanyak 2.236.021 lembar. Periode tersebut berlangsung pada 22 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023.

Selama lonjakan penumpang tersebut, KAI mengoperasikan rata-rata 484 KA per hari. Jumlah ini termasuk 56 KA tambahan khusus pada angkutan Nataru. Rute favorit mencakup Jakarta – Solo pp, Jakarta – Surabaya pp, Jakarta – Yogyakarta pp, Bandung – Surabaya pp, Yogyakarta – Surabaya pp, dan lainnya.

Jumlah kereta yang beroperasi pada Nataru tahun ini mengalami peningkatan sebesar 29% dari Nataru tahun lalu yakni sebanyak 375 kereta. Pada masa Nataru ini, KAI mengoperasikan 465 unit lokomotif dan 1.716 unit kereta.

“Manajemen KAI semakin baik. Secara operasional semua terkendali. Beberapa rute yang selalu ramai sudah diantisipasi dengan penambahan kereta. Saya apresiasi KAI karena orientasinya untuk pelayanan masyarakat,” jelas Mbah Bardi, sapaan akrabnya.

Legislator dari Dapil DIY itu berharap, KAI terus memberikan prioritas layanan kepada masyarakat. Ia meyakini, perbaikan secara berkala akan membuat kereta api menjadi mode transportasi massal yang digemari masyarakat. Apalagi Indonesia akan memiliki Kereta Cepat Jakarta Bandung. Saat ini progres proyek nasional tersebut mencapai 88 persen dan ditarget beroperasi pada Juni 2023.

“Sekarang semua merasa nyaman dengan KAI. Ini modal bagus. Di negara maju, kereta api menjadi transportasi massal terbaik. Saya optimis itu, apalagi akan ada Kereta Cepat Jakarta Bandung yang memiliki kecepatan hingga 350km/jam. Jarak sejauh 142,3km bisa ditempuh 40 menit. Luar biasa,” terang Subardi.

Saat ini KAI terus menerapkan standar pelayanan terbaik. KAI menggandeng Komite Nasional Keselamatan Transportasi untuk melakukan pemeriksaan berkala di jalur tertentu, mengingat saat ini curah hujan relatif tinggi. Selain inspeksi jalur, pemeriksaan lainnya meliputi kesiapan lokomotif, kereta, fasilitas stasiun, dan kesiapan SDM di bidang operasional. Seluruh pelayanan tersebut mengutamakan keselamatan dan kenyamanan masyarakat. (suwarjono)

 

 

Komentar