Perayaan Festival Teras Malioboro 2023 Berjalan Meriah

Sebagian Pedagang Meliburkan Diri

Headline1143 Dilihat

Teras Malioboro News –   Guna Merayakan Hari Jadi  Teras Malioboro 1 yang pertama, Balai Layanan Bisnis UMKM DIY Jumat (10/2/2023) menggelar Festival Teras Malioboro 2023 di halaman Teras Malioboro 1. Kegiatan diisi dengan jalan sehat, aksi donor darah dan pentas musik dengan bintang utama grup musik Ngatmo  Mbilung.

Acara yang dipandu oleh MC Humor Alit Jabang Bayi dan Putri Manjo tersebut berjalan sangat  lancar dan sangat meriah .  Bahkan  sebagian  pedagang  mengaku meliburkan diri  demi turut serta dalam festival tersebut.

Kepala  Dinas Koperasi dan UKM Ir.Srie Nurkyat Siwi MMA menjelaskan, penyelenggaraan  Festival Malioboro 2023  dimaksudkan guna menambah daya tarik wisatawan  untuk berkunjung ke  Teras Malioboro 1.  Usaha ini akan terus ditingkatkan dengan berbagai strategi agar jumlah pengunjung ke Teras Malioboro semakin meningkat.

“ Selama satu tahun berjalan  merupakan masa yang penuh perjuangan bagi para tenant dan pemerintah dalam terus mengangkat serta mengembangkan Teras Malioboro baik secara suprastruktur maupun infrastruktur agar terjadi kehidupan ekonomi yang baik dan naik kelas.  Untuk itu, berbagai kegiatan untuk menunjang tersebut antara lain melalui berbagai cara “ ujar Siwi kepada sejumlah wartawan  disela-sela kegiatan tersebut.

Baca Juga : Laris Manis Bak Kacang Goreng, Inilah Koleksi Baru di Teras Malioboro 1 Yogyakarta

Pembagian Hadiah Doorprise berupa satu buah sepeda oleh Kepala Dinas Perekonomian UKM Pemda DIY Ir. Sri Nurkyat Siwi kepada salah seorang peserta jalan sehat. ( Foto : Sulist Ds )

Ditambahkan Siwi,  jumlah traffic pengunjung selama Maret – Desember 2022, Teras Malioboro 1 telah dikunjungi  sebanyak 2.765.751 orang.  Meski demikian, pigaknya  tidak berhenti berupaya dan terus berusaha dengan menggali sejumlah potensi yang dirasa memungkinkan. ,

Dalamn Festival  Teras Malioboro 1 ini ,  mengusung tema “Edipeni Loh Jinawi” yang bermakna tampil baik dan penuh berkat kemakmuran. Selain itu disematkan juga ajakan “podo diopeni luh’ing Jiwo kang nyawiji, kanggo majuning teras siji” yang dalam bahasa indonesia berarti Mari merawat perjuangan jiwa telah bersatu.

Ditambahkan Siwi, Festival Teras Malioboro hadir tidak saja bersifat ceremonial, tetapi juga menghadirkan kegiatan budaya, entertainment, sosial berupa pemberian apresiasi prestasi kepada siswa siswa sekolah dari SD sampai PT. Pihaknya berharap,  melalui Perayaan HUT Ke-1 Teras Malioboro ini  dapat semakin mempopulerkan kawasan Teras Malioboro kepada para wisatawan   serta mampu menjelma menjadi salah satu ikon tujuan para wisatawan yang berkunjung di DIY.

Jajaran panitia Festival Teras Malioboro 2023 bergoyang diatas  panggung   festival yang digelar di halaman Teras Malioboro 1 ( Foto : Sulist Ds )

Baca Juga : Buka Gerai di Malioboro, Bakpia Kukus Tugu Jogja Kenalkan Produk Baru

Sementara itu, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Hamengku Buwono X dalam sambutannya menyampaikan, kawasan Malioboro tidak sekedar sebagai pusat perekonomian Yogyakarta. Melainkan,  sebuah pusaka budaya yang sarat makna dan tidak terpisahkan dari perspektif sumbu filosofis”. Untuk itu penting memaknai simbol dan nilai sebagai sebuah identitas yang menunjukkan jatidiri “jalma manungsa kang utama”, manifestasi transformasi kehidupan sebagai metamorfosa memerlukan perubahan seperti: mindset, perilaku, kelayakan membangun spirit “nyawiji ing kolaborasi” adalah semangat yang harus dikobarkan sebagai kunci perubahan pertumbuhan ekonomi”. (*/SDs )

Komentar