Peringati Sumpah Pemuda, YRO Tampilkan 9 Repertoar

Teras Malioboro News — Keraton Yogyakarta selalu punya cara dalam memperingati berbagai peristiwa bersejarah di Indonesia. Pada peringatan Sumpah Pemuda tahun 2023, tim ensambel tiup Yogyakarta Royal Orchestra di bawah naungan Kawedanan Kridhamardawa Karaton Ngayogyakarta Hadininingrat kembali menggelar pementasan bertajuk Pentas Musikan Mandalasana untuk Bhinneka. Pergelaran kali ini diselenggarakan Sabtu,  (28 /10/2023 )  di Kagungan Dalem Bangsal Mandalasana.

Acara akan diawali dengan iring-iringan (kirab) prajurit Keraton Yogyakarta yang membawa kanca Abdi Dalem Musikan yang akan tampil dari dalam Kagungan Dalem Bangsal Kasatriyan Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat menuju ke Bangsal Mandalasana.

Setelah itu barulah tim ansambel tiup Yogyakarta Royal Orchestra membawakan 9 repertoar dengan dipandu ML. Widyoyitnowaditro selaku conductor (pengaba).

Baca Juga : String Ensemble Yogyakarta Royal Orchestra Tampil Perdana di Luar Keraton

Dalam peringatan Sumpah Pemuda tahun ini, Pentas Musikan Mandalasana untuk Bhinneka menghadirkan lagu-lagu bertema perjuangan, persatuan dan kebangsaan seperti: Indonesia Raya, Gati Bhineka, Satu Nusa Satu Bangsa, Bhineka Tunggal Ika, Bangun Pemuda Pemudi, Garuda Pancasila, Tanah Airku, Dari Sabang Sampai Merauke, dan Bagimu Negeri.

Sembilan repertoar tersebut dapat disaksikan secara langsung oleh masyarakat yang berkunjung di Bangsal Mandalasana Keraton Yogyakarta.

“Selama beberapa tahun terakhir kami menggelar Pentas Musikan Mandalasana secara daring dan hibrida, sehingga untuk peringatan 95 tahun Sumpah Pemuda ini kami coba digelar secara luring penuh, tanpa ada live streaming di kanal YouTube Kraton Jogja. Kami ingin menghadirkan kembali pengalaman menikmati Pentas Musikan Mandalasana secara langsung di lokasi seperti pada tahun-tahun sebelum pandemi,” ungkap KPH Notonegoro selaku Penghageng Kawedanan Kridhamardawa dalam rilis media yang diterima redaksi Sabtu (28/10/2023).

Baca Juga : Keraton Yogyakarta Kembali Gelar Pentas Musikan Mandalasana

Ditambahkan Kanjeng Noto,  Pentas Musikan Mandalasana untuk Bhinneka sejatinya pernah digelar pada peringatan Sumpah Pemuda tahun 2021 silam. Empat tahun berselang, Pentas Musikan Mandalasana untuk Bhinneka akan kembali hadir dengan beberapa hal yang baru. Masyarakat dapat menyaksikan secara langsung di Bangsal Mandalasana yang terletak di Plataran Kedhaton Keraton Yogyakarta dengan membeli tiket masuk Museum Keraton Yogyakarta area Kagungan Dalem Kedhaton.

Selain itu, ada  juga pertunjukan wayang wong di Bangsal Srimanganti, dan momentum kali ini bertepatan juga dengan gelaran Pameran Lenggahing Harjuno yang digelar di area Kedhaton Keraton Yogyakarta. Kami berharap liburan akhir pekan di keraton jadi makin bermakna karena sekaligus merayakan bersama momentum Sumpah Pemuda dengan lagu-lagu yang harapannya selalu mengingatkan kita bahwa berbeda itu biasa. (*)

Komentar