Pesan Rektor UNY Kepada Para Wisudawan,  Muliakan Almamater .

Teras Malioboro News — Universitas Negeri Yogyakarta  kembali menggelar Upacara Wisuda Periode IV Tahun Akademik 2023/2024, Sabtu (25/5) di GOR UNY.  Pada periode ini , wisuda diikuti oleh 1.133 orang yang terdiri dari 26 orang Program Doktor, 273 orang Program Magister, 783 orang Program Sarjana, dan 51 orang Program Sarjana Terapan.

Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) meluluskan sejumlah 331 orang, Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya (FBSB) 161 orang, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) 169 orang, Fakultas Ilmu Sosial, Hukum, dan Ilmu Politik (FISHIPOL) 78 orang, Fakultas Teknik (FT) 106 orang, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) 149 orang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) 76 orang, Fakultas Vokasi (FV) 51 orang, dan Sekolah Pascasarjana (SPs) 12 orang.

Wisudawan lulus tercepat untuk Program Doktor diraih Ronny Sugiantoro dengan masa studi 2,15 tahun dengan IPK 3,88 dengan predikat cumlaude dari Program Studi lmu Pendidikan Bahasa S3 FBSB. Program Magister diraih Aulia Ulfiana Firdausi, M.Pd. dengan masa studi 1,13 tahun, IPK 3,85 dengan predikat cumlaude dari Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga S2 FIKK; untuk Program Sarjana diraih Kenanga Kusuma Murdiyani, S.Pd. dari Program Studi Pendidikan Luar Biasa S1 FIPP dengan masa studi 3,49 tahun, IPK 3,90 dengan predikat cumlaude; sedangkan Program Sarjana Terapan dengan masa studi 3,57 tahun diraih Aniswara Dewi, S.Tr.T. dengan IPK 3,75 dengan predikat cumlaude  dari Program Studi Teknik Sipil D-IV FV.

Baca Juga : UNY  Teken Nota Kesepahaman Dengan Warga Guwosari

Rektor UNY Prof. Sumaryanto  MKes AIFO  dalam sambutannya menyampaikan, para wisudawan merupakan representasi Indonesia dari ujung timur hingga ujung barat.  dan semuanya menyandang prestasi terbaik, baik itu lulus tercepat, IPK tertinggi atau menyumbangkan prestasi dalam bidang penalaran, seni, minat khusus dan olahraga

Oleh karena itu, paska wisuda kali ini Rektor berharap agar para alumni bisa menjaga nama baik dirinya maupun  lingkungan sekitarnya.

“ Harus  bisa mikul dhuwur mendhem jero, memuliakan orang tua, negara dan bangsa, instansi yang mengirim bahkan memuliakan almamaternya. “ tegas  Sumaryanto.

Dekan Fakultas Bahasa dan Seni Budaya Prof. Nur Hidayanto P.S.P., S.Pd., M.Pd., Ph.D menyerahkan ijazah kepada DR.Rony Sugiantoro MPd sebagai wisudawan UNY tercepat . ( Foto: Istimewa )

Baca Juga : Masuki Usia ke-60 , UNY Prioritas Kembangkan Fakultas Vokasi.

Selain itu, Sumaryanto kembali mengingatkan bahwa  pendidikan merupakan investasi peradaban. Oleh karena itu, pihaknya mengajak semua pihak untuk tidak henti belajar untuk meningkatkan kualitas diri.   Sehubungan dengan hal tersebut maka ditegaskannya bahwa  UNY senantisa  membuka pintu bagi  para alumni ini ingin studi lanjut ke S2 atau S3.

Terpisah, Roro Wilis, S.Pd mewakili wisudawan menyampaikan , Pengalaman menjalani  perkuliahan di UNY sangat beragam, tidak mulus, tidak mudah . Meski demikian,  semua  dapat dilalui dengan semangat pantang menyerah.  Justru segala tantangan  yang dia hadapi selama kuliah menjadikannya  lebih kuat, tangguh dan adaptif sehingga menjadi bekal dalam menjalani kehidupan.   (*/Sulist Ds )

 

Komentar