“Pesona Gembira Loka”, Pameran Kebun Binatang Pertama di dalam Mal

Headline1, Jogja Raya194 Dilihat

Teras Malioboro News  – Puncak rangkaian acara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-70 tahun, Gembira Loka Zoo (GL Zoo) mengadakan kegiatan pameran “Pesona Gembira Loka” pada di Plaza Ambarrukmo pada tanggal 7-10 Desember 2023.  Pameran  yang terbuka  untuk umum dan gratis tersebut di klaim  sebagai pameran kebun binatang yang pertama di Indonesia yang diadakan di dalam mal.

Dalam pameran ini pengunjung dapat menyaksikan berbagai hewan unik seperti : Marmoset, Kambing Mini, Ayam Mutiara, Ular Viper, Kura-kura, Racoon serta hewan lainnya.

Josephine Vanda Tirtayani selaku Asisten Direktur GL Zoo  menyampaikan, kegiatan Pameran Kebun Binatang di Mal ini dimaksudkan sebagai upaya edukasi cita satwa kepada pengunjung mall. Adapun tema “Pesona Gembira Loka”  yang diangkat  dalam pameran ini dimaksudkan untuk menceritakan perjalanan GL Zoo selama 70 tahun serta membentuk brand awareness Gembira Loka sebagai kebun binatang modern yang selalu berbenah dan mengupayakan menjadi kebun binatang yang lebih baik dari waktu ke waktu.

” Melalui momen pameran Pesona Gembira Loka ini, GL Zoo menghadirkan seluruh aspek kebun
binatang di dalam Mal, diantaranya rekreasi edukatif dengan membawa satwa dari berbagai zona, Presentasi dan Edukasi Satwa (PES), photobooth satwa dan zona interaksi, keeper talk dan feeding time, special activity di mana anak-anak dapat menjadi dokter cilik, ahli gizi satwa cilik, maupun keeper cilik.” ujar  Vanda usai acara pembukaan pameran, Kamis (7/12/2023).

Marmoset, Primata Mini Seukuran Telapak Tangan

Baca Juga : GL Zoo Terima 10 Ekor Burung Hasil Sitaan BKSDA DIY

Ditambahkan Vanda,  Pesona Gembnira Loka tidak sekadar pameran satwa. Namun  pameran ini juga  menghadirkan  beberapa kegiatan lain yang bersifat edukatif seperti talkshow ataupun workshop dengan internal Dokter hewan dan keeper GL Zoo, Kelompok Hutan Tani (KTH) Wanapaksi, YAPEKA maupun dengan berbagai dinas seperti Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

Disamping itu, selama pameran juga disajikan berbagai kegiatan menarik lain  seperti mewarnai gypsum, membuat origami, games “satwa dilindungi”, face paintingnyang  dapat dinikmati oleh seluruh pengunjung di dalam mal secara gratis.

Kambing Mini , koleksi GL Zoo yang dipamerkan di Pesona Gembira Loka

Baca Juga : Limbah Tambak Udang Di Pesisir Selatan Racuni Hewan Laut

Tak lupa  GL Zoo juga memamerkan  sejarah  kebun binatang selama 70 tahun ini, yang disusun melalui memorabilia di tengah pameran ini. Hal ity tercermin dari deretan foto hitam putih yang terpampang di sepanjang arena pameran.

”  Bermula dari tempat hiburan yang sekedar mempertontonkan satwa, fungsi GL Zoo sebagai kebun binatang modern berkembang dari segi animal welfare/kesejahteraan satwa, berkembang biak terencana, perencanaan koleksi dan peran dalam konservasi ex-situ.” ujar Vanda

Ditegaskan Vanda,  Pameran ini merupakan salah satu bentuk apresiasi GL Zoo kepada masyarakat yang telah mendukung dan memberikan kontribusi bagi keberlangsungan GL Zoo selama 70 tahun..

Oleh karena itu  Vanda berharap pameran ini dapat  menjadi tempat bernostalgia mengingat memori menyenangkan di GL Zoo. Tidak hanya mampir di Mal Plaza Ambarrukmo, tetapi juga dapat merasakan pengalaman baru berkunjung ke kebun binatang di dalam mal. (*/SDs )

Komentar