Platinum Adisucipto Hotel Gelar ERP Bersama BPBD DIY

Antisipasi Bencana Kebakaran

Teras Malioboro News –   Sebagai upaya membekali karyawan  terhadap situasi darurat pada saat terjadi bencana kebakaran, manajemen Platinum Adisucipto Hotel Yogyakarta    Senin (30/1/2023) lalu menyelenggarakan kegiatan  Emergency Response Plan (ERP).  Kegiatan yang diikuti oleh sebagian besar karyawan ini merupakan kerjasama  Platinum Adisucipto Hotel dengan  BPBD DIY.

General Manager Platinum  Adisucipto Hotel Yogyakarta Dody Wahyu Prahadi menyampaikan, kegiatan ERP ini diselenggarakan  agar para karyawan mempunyai bekal kesiagaan terhadap situasi darurat.  Untuk itu, selain penjelasan secara teoritis, kegiatan kali ini juga dilengkapi dengan praktek penanganan bencana.

“  Emergency Response Plan (ERP) atau bisa disebut Rencana Tanggap Darurat adalah satu unsur yang harus dimiliki oleh suatu kelompok atau Organisasi yang memiliki resiko bencana tinggi. ERP juga harus didukung adanya Emergency Respon Team (ERT) atau Tim Tanggap Darurat yang dibentuk menjadi unit pelaksana utama ERP untuk meminimalisir korban jiwa dan kerugian jika terjadi bencana. Untuk itu, kegiatan  ERP ini merupakan salah upaya  kami agar mampu mempelajari ERP sejak dini. “ ujar Dody dalam siaran pers yang diterima redaksi  Selasa (31/1/2023).

Baca Juga : Wujudkan Pariwisata Berkualitas, GIPI DIY Dorong Penguatan Peran Media Massa

Selanjutnya Dody menjelaskan,  kegiatan ERP  yang diselenggarakan  terdiri dari beberapa sesi. Untuk  sesi pertama adalah pemberian materi pelatihan dari BPBD DIY yang disampaikan dan dipandu langsung oleh BPBD DIY.

Dalam sesi ini peserta belajar mengenai teknik dasar mengenai Emergency Response Team. Materi pelatihan diawali dengan materi manajemen bencana, pemadaman api ringan, materi pengantar pertolongan pertama, materi penanganan luka dan patah tulang, materi pemindahan dan pengangkatan korban, dan terakhir adalah materi basic life support / bantuan hidup dasar.

Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan simulasi penanganan bencana secara langsung yang diawali dengan penyalaan fire alarm sebagai tanda bahwa sedang terjadi bencana. Simulasi penanganan dilanjutkan dengan penanganan luka korban, simulasi pemadaman api ringan dan simulasi tanggap darurat gempa bumi. Acara ini diikuti oleh karyawan Hotel Platinum Adisucipto dan berjalan dengan lancar. (*/SDs )

 

Komentar