Engkau Tidak Sendiri

Oleh : Ustadz Sujarwo

Oase1077 Dilihat

Teras Malioboro News : Bergembiralah. Engkau tidak sendiri. Ada Allah yang setia menemani dan mengiringi.  “Jangan bersedih. Sesungguhnya Allah bersama kita” (QS. 9 : 40). “Allah bersama engkau, dimanapun engkau berada” (QS. 57 : 4). “Kami lebih dekat kepadanya daripada urat lehernya.” (QS. 50 : 16)

So please, jangan pernah merasa sendiri. Curhatlah dan adukan semua sulit dan pedih kepada Allah, ilahi rabbi. “Hanya kepada Allah aku mengadukan kesusahan dan kesedihanku.” (QS. 12 : 86)

Mintalah kepada-Nya. “Allah muara segala pinta” (QS. 112 : 2). Gantungkan pertolongan dan harap hanya kepada Allah. “Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan” (QS. 1 : 5). “Dan hanya kepada Tuhanmulah engkau berharap” (QS. 94 : 8). “Maka sesungguhnya Aku dekat. Aku kabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia berdoa kepada-Ku.” (QS. 2 : 186)

Bila hati kita resah dan gelisah, berzikirlah. Allah akan aliri jiwa dan hati kita dengan ketenangan. “(Yaitu) Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram.” (QS. 13 : 28)

Bila dosa dan salah kita menggunung tinggi, mohon ampunlah dengan rasa penyesalan di hati. Pasti Allah ampuni. Sebab, rahmat Allah memayungi dan menyelimuti. “Katakanlah, “Wahai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri! Janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sungguh, Dialah Yang Maha Pengampun, Maha Penyayang.” (QS. 39 : 53)

Baca Juga : Bergembiralah, Allah Begitu Dekat

Bila kita dalam kesulitan dan kekurangan, mintalah pertolongan. Pasti akan Allah ulurkan bantuan. Allah beri jalan keluar dan rezeki yang berkelimpahan. Bahkan, dari arah yang tidak kita sangkakan. “Barang siapa bertaqwa kepada Allah, Niscaya Dia akan membukakan jalan keluar (dari segala kesulitan) baginya, dan Allah memberinya rezeki dari arah yang tidak di sangka-sangkanya.” (QS. 65 : 2-3)

Dalam soal rezeki, jangankan kita, binatang melata sekalipun, telah Allah siapkan rezekinya. “Dan tidak satu pun makhluk bergerak (bernyawa) di bumi melainkan semuanya dijamin Allah rezekinya. Dia mengetahui tempat kediamannya dan tempat penyimpanannya. Semua (tertulis) dalam Kitab yang nyata (Lauh Mahfuz).” (QS. 11 : 6)

Bila kita ditimpa musibah, seperti sakit dan lainnya. Allah yang akan menyembuhkan dan menghilangkan. Tugas kita hanya mengikhtiarkan. “Dan jika Allah menimpakan suatu bencana kepadamu, maka tidak ada yang dapat menghilangkannya kecuali Dia. Dan jika Allah menghendaki kebaikan bagi kamu, maka tidak ada yang dapat menolak karunia-Nya. Dia memberikan kebaikan kepada siapa saja yang Dia kehendaki di antara hamba-hamba-Nya. Dia Maha Pengampun, Maha Penyayang.” (QS. 10 : 107)

Bergembiralah. Tidak ada yang sulit bagi Allah. Semuanya mudah. Dah, dah, mudah. “Sesungguhnya urusan-Nya apabila Dia menghendaki sesuatu Dia hanya berkata kepadanya, “Jadilah!” Maka jadilah sesuatu itu.” (QS. 36 : 82)***

Komentar