Program Internet Desa Telkom Menyasar Desa Wisata dan UMKM

Teras Malioboro News–Telkom Regional IV Jawa Tengah dan DIY berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, meluncurkan program Internet Desa di gedung Gradhika Bakthi Praja komplek Kantor Gubernur Jawa Tengah.

Peluncuran program ini dilakukan langsung oleh Penjabat Gubernur Jawa Tengah Komjen. Pol (Purn). Drs. Nana Sudjana, M.M., yang didampingi oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia Jawa Tengah Dr. KH Ahmad Daroji, M.Si., Kepala Dinas Kominfo Provinsi Jawa Tengah Riena Retnaningrum, S.H., Asisten 1 Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Provinsi Jawa Tengah Dra. Ema Rachmawati M. Hum. bersama Executive Vice President Telkom Regional IV Fera Pebrayenti.

Fera mengatakan, Telkom sebagai perusahaan penyelenggara jaringan telekomunikasi, sangat peduli terhadap perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia. Hal ini sejalan dengan salah satu misi perusahaan untuk mempercepat pembangunan infrastruktur dan platform digital cerdas yang berkelanjutan, ekonomis, dan dapat diakses oleh seluruh masyarakat.

baca juga: Melalui Orbit MiFi, Pelanggan Makin Mudah Mendapatkan Layanan Internet Portabel

Ia mengatakan, bahwa salah satu upaya untuk menyejahterakan masyarakat adalah dengan layanan internet yang mumpuni dan tersebar luas sampai ke pelosok desa. Mengingat perkembangan zaman digitalisasi saat ini, setiap aktivitas sangat dipengaruhi oleh internet, terutama pasca pandemi covid-19 di mana percepatan digitalisasi lebih cepat 5 tahun dari yang diperkirakan sebelumnya.

“Digitalisasi tersebut tidak bisa tidak kita sandingkan dengan internet sebagai media untuk terhubung secara lebih luas dalam mendapatkan informasi, atau memudahkan pekerjaan, atau semudah membeli makanan melalui aplikasi. Bahkan saat ini kita sudah sering menggunakan Big Data dan AI (Artificial Intelligence) Technology,” ujar Fera dalam sambutannya.

Komjen. Pol (Purn). Drs. Nana Sudjana, M.M. mengatakan bahwa Internet Desa juga merupakan program prioritas Jawa Tengah terkait langkah percepatan transformasi digital dan pengembangan layanan publik dengan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), untuk pengembangan pariwisata dan peningkatan daya saing UMKM di sektor ekonomi kreatif yang dikolaborasikan dengan internet desa.

baca juga: Kemitraan Telkom dan Indosat, Perkuat Infrastruktur Digital Melalui Ekosistem Internet Exchange

“Artinya, internet ini diharapkan dapat digunakan untuk lebih meningkatkan komunikasi, promosi produk UMKM dan pariwisata di Jawa Tengah,” tambah Nana Sudjana.

Mengangkat tema “Jadikan Desa berbasis IT”, Program Internet Desa ke depannya diharapkan dapat menjangkau semakin banyak lagi desa yang akan memperoleh jaringan internet. Adapun Desa Wisata dan UMKM adalah salah satu sasaran yang akan sangat memberikan dampak ekonomi besar terhadap Jawa Tengah. (suwarjono)